Reporter : Robby Mesak

Kanaki – Sekertaris Daerah, Ir. Alexander Nussy, MM, didampingi Kabag. Kesra., Kristian Berotabui dan Ketua DPRD Yapen, Yahanis G. Raubaba, menghadiri pembukaan Rapat Kerja Ke IV Klasis GKI Yapen Barat, yang berlangsung di Kampung Kanaki pada hari Senin, 08/02/2021. Kehadiran Pemerintah Daerah disambut dengan prosesi penjemputan tarian adat dan injak piring yang dilanjutkan dengan ibadah pembukaan.

Dalam sambutan Bupati kabupaten Kepulauan Yapen yang dibacakan langsung oleh Sekertaris Daerah, Ir. Alexander Nussy, MM dalam sambutannya menyampaikan harapan Pemerintah Daerah agar raker dapat menghasilkan program kerja yang bisa bersinergis dengan Pemerintah Daerah.

“Kita tahu bersama visi misi  pemerintah saat ini adalah mewujudkan masyarakat yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahtera yang mana saat ini bersenegis sesuai program sinode tentang pengembangan kesehatan, pengembangan pendidikan, pemberdayaan ekonomi rakyat. Tak hanya itu, Pemerintah Daerah juga menyambut baik Raker ke IV yang dihadiri oleh 21 Jemat se-Klasis Yapen Barat”.

Sekda juga berharap agar raker ini dapat membuahkan hasil yang optimal. Selain itu dapat menghasilkan program kerja yang inovatif guna meningkatkan Tri Panggilan Gereja.

Raker ini dibuka secara langsung oleh BP.AM Sinode GKI Wilayah IV Saireri, Pdt. Kakiaya. Dalam sambutannya, BP.AM Sinode GKI Wilayah IV mengatakan bahwa Raker dapat berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga kepada para peserta akan dibatasi waktunya.

“Mari kita bersyukur pertama tama untuk melakukan rapat kerja ini sebagai Agenda tetap,  jangan kita bicara banyak disini tetapi tidak  menghasilkan yang baik.” Tuturnya.

Dalam rapat ini akan mengevaluasi seluruh program program yang sudah dilakukan di tahun 2020 serta yang belum terlaksana serta membuat rancangan program di tahun 2021.  Menurut nya di tahun 2021, ada 3 hal yang menjadi Fokus GKI. Antara lain,

1. Pengembangan Ekonomi. Hal ini sinkron dengan pemerintah daerah. Sehingga dalam raker ini, harus ada solusi yang baik bagi jemaat dan Klasis.
2. Pekabaran injil adalah Roh Gereja serta
3. Persiapan Sidang sinode GKI Di Tanah Papua dimana akan berlangsung di Kabupaten Waropen, namun telah sepakat bahwa wilayah IV adalah tuan rumahnya.

BPAM juga menginstruksikan kepada seluruh klasis agar dapat menciptakan program yang real.

Sementara itu Ketua DPRD Yapen Yohanis G. Raubaba menyampaikan selamat dan sukses kepada 21 Jemaat di Klasis Yapen Barat dimana perbedaan pendapat dalam musyawarah rapat kerja itu biasa guna menghasil keputusan yang baik adanya.

Pembukaan Raker ini juga dihadiri oleh BP.AM Sinode GKI Wilayah IV Saireri, Pdt. kakiaya, Ketua  PSW YPK, Orgenes Runtuboy, Kadistrik Yapen Barat Kristian Pandawan, perwakilan Kodim 1709 Yawa, serta 21 Jemaat di Wilayah Klasis Yapen Barat.

(Foto & Video : Yoseph Tabamolu)