Hari ini sejumlah masyarakat di Kab. Kep. Yapen menerima sertipikat tanah, acara penyerahan dilakukan secara virtual.

Reporter : C.R.I

Serui – Pada hari ini, senin, 09 desember 2020 Pemerintah Republik Indonesia menyerahkan sertipikat tanah untuk rakyat se-Indonesia yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan diikuti secara virtual di 31 Provinsi dan 200 kabupaten kota se-Indonesia.

Di Kab. Kepulauan Yapen, Provinsi Papua, acara penyerahan sertipikat tanah ini dilaksanakan secara virtual yang dilaksanakan di gedung Silas Papare Serui, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, hal ini di benarkan oleh kepala kantor Pertanahan Kab. Kepulauan Yapen, Damayanti selepas acara penyerahan sertipikat tanah tersebut, dimana ia melaporkan bahwa hari ini sertipikat tanah di bagi hanya kepada 20 orang masyarakat yang berasal dari kampung Mantembu, dirinya menjelaskan bahwa jumlah penerima sertipikat secara virtual pada hari ini dibatasi oleh karena penerapan protokol kesehatan, dan terkait hanya satu kampung saja yang diikut sertakan, Damayanti menjelaskan bahwa pemberitahuan akan acara ini mendadak, sehingga tidak sempat untuk mempersiapkan masyarakat guna mengikuti acara penerimaan sertipikat yang dilakukan secara virtual ini, namun sebenarnya sertipikat untuk program PTSL ini sebanyak 443 telah diterbitkan dan siap dibagikan kepada masyarakat yang berada di kampung Nunsiari, Karawi, Yapan dan Mantembu. Damayanti juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa mulai besok, yang ingin mengambil sertipikat tanahnya, dapat langsung datang ke kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dalam acara penyerahan sertipikat tanah secara virtual ini, turut hadir Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos. MBA dimana dalam wawacaranya menyampaikan bahwa tujuan dari Presiden melakukan hal ini yaitu guna memberikan kepastian hukum kepada masyarakat menyangkut kepemilikan tanah, hal ini dipandang penting olehnya sebab kadang kala permasalahan kepemilikan tanah ini menjadi sebuah masalah yang sulit sekali untuk terpecahkan, atas dasar itu lah ia memberikan apresiasi kepada Badan Pertanahan Nasional yang telah melakukan penyerahan sejumlah sertipikat tanah kepada masyarakat, khususnya di Kab. Kepulauan Yapen.

Ia juga menyampaikan bahwa telah berkoordinasi dengan kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Yapen, untuk bersama-sama melanjutkan penyerahan sertipikat tanah tersebut kepada masyarakat yang berada di distrik-distrik terjauh, yang pada hari ini belum sempat menerima.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *