Reporter : Andrew Woria

Ansus – Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA pada selasa, 06/10/2020 melakukan kunjungan kerja dalam rangka verifikasi tenaga honorer di distrik Yapen Barat. ia didampingi oleh Tim Verifikasi BKPSDM Kepulauan Yapen, diantaranya adalah A.M Worabay serta Yohan Kaseng. Kehadirannya kali ini adalah dalam rangka verifikasi pengangkatan tenaga honorer, dengan turun langsung ke lapangan untuk mengecek apakah seseorang yang memiliki nama yang telah dimasukan ke pemda tersebut adalah benar-benar merupakan tenaga honorer di kampung tersebut.

Di Ansus, kehadirannya disambut langsung oleh Kepala Distrik Yapen Barat, Welem Dedifu, serta bertemu dengan para petugas kesehatan. Pertemuan kali ini berlangsung di puskesmas Ansus dimana dilaporkan kepada Wakil Bupati, bahwa total Tenaga medis di puskesmas ada 17 orang, serta tenaga DHC ada disetiap pustu, sementara di Lokasi berbeda di kampung Marau berlangsung di gedung SD YPK Solagratia Marau, dirinya bertemu langsung dengan kepala sekolah, serta petugas medis di pustu Marau dan orang tua murid di SD serta SMP di Marau.

Wabup Frans menjelaskan bahwa, ditahun 2020 ada pengangkatan tenaga honorer dimana dalam pertemuannya bersama Menpan RB di Jakarta, disampaikan agar pemda harus memiliki data base yang menjadi dasar acuan. Selain itu dalam arahannya juga diberikan kuota sebesar 20.000 bagi Papua dan perlu dilakukan dengan analisis jabatan. Dijelaskannya bahwa ada 3006 berkas yang telah dimasukan ulang ke pemerintah daerah, sehingga perlu dilakukan pengecekan langsung ke daerah (distrik dan kampung)

“Arahan umum bahwa Bupati minta agar seseorang yang memegang SK Bupati tersebut adalah betul-betul ada di kampung ini ” tuturnya.

Sementara di puskesmas induk Wooi, ditemukan sejumlah nama kontrakan yang tidak aktif tetapi namanya masuk dalam daftar dan yang aktif tidak dimasukan. Hal ini kemudian akan dimasukan kedalam laporan kepada Bupati.

Selanjutnya rombongan Wakil Bupati, melanjutkan perjalanan menuju ke Distrik Yerui. Kehadirannya disambut langsung oleh Kepala Distrik Yerui serta dilakukan verifikasi khusus bagi tenaga honorer, baik di bidang kesehatan maupun pendidikan. Wabup Frans menjelaskan bahwa Bupati telah menunjukkan dan membagi 5 tim, dimana dirinya ditugaskan untuk memverifikasi di wilayah distrik Yapen Barat, distrik Wonawa, serta distrik Yerui. Selain itu, tim bupati melakukan verifikasi di distrik Yapen Utata, Distrik Windesi, Distrik Poom. Tim Inspektorat melakukan Verifikasi di Distrik Yawakukat, Distrik Angkaisera, Distrik Kepulauan Ambai, serta Distrik Teluk Ampimoi. Sementara Tim staf Ahli Bupati Ken Renmaur, melakukan verifikasi data pada Distrik Yapen Selatan, Distrik Anotaurei, serta Distrik Kosiwo. Selanjutnya Tim Staf Ahli Dirk Rayar melakukan Verifikasi di Distrik Pulau Kurudu, Distrik Yapen Timur, Distrik Raimbawi.

(Foto dan Video : Andrew Woria)