Vidcon Forum Kepala Daerah Tabi Saireri jelang Evaluasi Otsus di Jayapura.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Forum Kepala Daerah Tabi – Saireri kembali melakukan Rapat Terbatas percepatan pembangunan kawasan Tabi Saireri, yang diikuti oleh Kepala-Kepala Daerah di Kawasan Tabi Saireri. Rapat vidcon ini dipimpin oleh Ketua Forum Kepala Daerah Tabi, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw langsung dari Gunung Merah kabupaten Jayapura. Sementara dari Kabupaten Kepulauan Yapen dihadiri langsung oleh Bupati, Tonny Tesar bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, para asisten serta pimpinan OPD. Dalam arahan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menjelaskan bahwa Rapat Vidcon kali ini adalah rapat terakhir menjelang dilaksanakannya kegiatan evaluasi otonomi khusus, lewat workshop bagi kabupaten kota di wilayah Tabi Saireri, yang juga direncanakan akan berlangsung selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 24 – 25 Agustus 2020.

Bupati, Tonny Tesar pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa hingga kini masih ada sejumlah kelompok yang kontra serta militan dengan otsus, dirinya berharap agar workshop ini tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar, selain itu Bupati Tonny juga memohon agar pihak keamanan dapat menjamin tetapi bukan saja dari polres Jayapura, namun dapat berkordinasi dengan Polda Papua agar pelaksanaan perjalanan ini, dapat berjalan dengan baik dan sukses. Hal ini pun ditanggapi langsung oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang menjelaskan bahwa mengenai tempat yang akan dilaksanakan adalah pertimbangan dari banyak kemungkinan, sementara terkait kemanan, pihaknya sudah berkordinasi dengan TNI dan Polri. Menurutnya pada umumnya masyarakat di Jayapura mendukung terhadap evaluasi ini, terutama dari paguyuban di Provinsi Papua juga untuk memberikan dukungan terhadap masyarakat adat di dua wilayah ini.

Memang pro kontra kegiatan evaluasi otsus ini pasti, pihaknya juga akan melakukan publikasi, beberapa media Nasional dengan menyurat langsung ke pimpinannya, serta perwakilannya di Jayapura.

“Kita berharap ini bisa menjadi berita besar yang menjadi kesimpangsiuran tentang otsus di Papua. Seluruh warga masyarakat Papua mengharapkan pada worshop ini.” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa pertemuan ini ingin menyakinkan pemerintah pusat tentang hasil evaluasi yang benar berdasarkan wilayah adat. Hal ini bisa mewarnai kesimpangsiuran informasi yang beredar. Ia mengapresiasi semangat yang tengah dijalankan saat ini, untuk diketahui bahwa pertemuan evaluasi otsus di dua wilayah Tabi Saireri ini, akan berlangsung pada tanggal 24 – 25 agustus 2020 dan akan menjadi momentum yang luar biasa.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply