Gelora HUT RI Ke-75, Pemkab bersama Forkompinda Kepulauan Yapen Tatap Muka dengan Masyarakat.

Reporter : Andrew Woria

Doreimanona – Forum Pimpinan Daerah Kepulauan Yapen bersama Pemerintah kabupaten Kepulauan Yapen, pada hari jumat, 14 Agustus 2020 melakukan tatap muka bersama Tokoh Masyarakat, Adat, Pemuda, Perempuan serta 7 kepala kampung sedistrik Yapen Utara. Kegiatan tatap muka ini berlangsung di balai kampung Doreimanona, distrik Yapen Utara. Serta dihadiri juga oleh Asisten III Setda, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala BPMK, Ketua PKK Kabupaten Kepulauan Yapen, Kepala Distrik Yapen Utara, Serta Ketua Klasis GKI Yapen Timur. Kegiatan Tatap Muka ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga tentang semangat Nasionalisme.

Bupati Tonny dalam arahannya menyampaikan, acara ini merupakan gagasan dari kapolres Kep Yapen mengenai pencegahan covid-19, tetapi memasuki 17 agustus yang harus menjadi momentum dalam menjaga persatuan dan kesatuan dengan menciptakan kondisi damai dan kondusif, agar kegiatan pembangunan dan ekonomi dalam masyarakat dengan baik. Acara ini dilaksanakan di dua distrik, yaitu di kampung Karawi, distrik Windesi dan di 7 kampung yang di pusatkan di Dorei mewakili Pantai Utara.

“Pembangunan fisik telah kita lakukan tetapi juga bagaimana melakukan pembinaan dalam bidang agama, pendidikan, dan saat ini kita ingin bersama sama menyampaikan tentang nasionalisme kebangsaan terutama pada saat pandemi melanda dunia. Harus gotong royong bergandengan tangan, mencegah meluasnya pandemi” tuturnya.

Bupati, Tonny juga berterima kasih kepada Kapolres Kepulauan Yapen dan jajarannya, yang telah memprakarsai acara pertemuan kali ini. Dalam pertemuan kali ini, Bupati menjelaskan terkait perkembangan covid-19 serta sosialisasi protokol kesehatan bagi masyarakat.

“Kalau tidak ada keperluan keluar Serui yang mendesak, jangan pergi. Lebih bagus di Serui saja. Kalau tidak ada yang mendesak jangan ke kota, tetapi kalau mau ke kota lakukan protokol kesehatan, kita bisa selamat dari pandemi covid-19 ini ” ujar Bupati Tonny Tesar.

Kepala kajari Serui dalam kesempatannya juga menyampaikan materi tentang pelaku kriminal politik, sementara Ketua Pengadilan Negeri Serui dalam arahannya menyampaikan tentang tugas dan tanggung jawabnya, seperti menerima, memeriksa dan memutuskan satu perkara dipengadilan. Ia meminta agar masyarakat bisa mendiskusikan jika hal ini belum jelas.

Selain itu, Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP. Kariawan Barus dalam kesempatannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini dalam rangka menggelorakan semangat kebangsaan. Ia menjelaskan tentang konteks tugas aparat kepolisian yang merupakan alat negara dalam rangka melindungi dan mengayomi masyarakat serta menjaga ketertiban dan keamanan. Kaitan dengan tugas tersebut berkaitan dengan kehidupan dan sosial masyarakat sehingga bersama kesempatan ini, ia harapkan agar masyarakat dapat sadar hukum, begitupun dengan adanya covid-19, diharapkan masyarakat dapat terhindar.
Usai memyampaikan arahan, dilanjutkan dengan tanya jawab antara masyarakat dan pemerintah daerah. Usai sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar cinta NKRI oleh warga.

Bupati Juga berkesempatan menyerahkan bantuan beras Polri Tahap III dan Bendera merah putih kepada 7 kepala kampung di distrik Yapen Utara, yang dilanjutkan dengan penyerahan paket bantuan alat-alat tulis oleh Komunitas Mari Berbagi.

Ketika diwawancarai usai kegiatan, Bupati Tonny Tesar menjelaskan bahwa tatap muka bersama masyarakat dalam dilaksanakan dalam rangka HUT Proklamasi ke-75 Tahun, yang dilaksanakan didua distrik. Tatap muka tersebut dilakukan untuk mengajak masyarakat mempersiapkan diri memperingati momen bersejarah bangsa Indonesia, hal ini perlu dipahami bagi warga masyarakat, sehingga tidak boleh terpengaruh oleh paham-paham yang bertentangan dengan NKRI.

“Kita berharap kepada masyarakat untuk tidak lagi mendengar atau dipengaruhi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Ini kegiatan kita yang juga dalam situasi pandemi covid-19, kita menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk pentingnya, kita melakukan pencegahan dengan cara melakukan protokol kesehatan.” tuturnya.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply