15 Warga Wasior Tiba di Pasir Hitam, Dilakukan Prosedur Covid 19.

Reporter : Andrew Woria

Serui – 15 Orang warga asal Wasior, Papua Barat, tiba di kampung Pasir Hitam, menggunakan 2 Perahu Fiber pada kamis, 09/04/2020 dan langsung diamankan oleh satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kepulauan Yapen. Warga Wasior ini masuk ke Kepulauan Yapen dalam rangka menghadiri kegiatan keluarga (Kedukaan) salah seorang kerabat di Kampung Pasir Hitam, Distrik Yapen Selatan, Kepulauan Yapen.  15 Orang Warga Wasior ini langsung ditangani dengan prosedur penanganan Covid-19 antara lain dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan dilakukan penyemprotan disinfektan. 

Ketua Tim cluster kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Yapen, Yohanes Woisiri mengatakan bahwa hal ini perlu dilakukan, untuk mencegah masuknya virus corona ke Kepulauan Yapen.

Hasil Pemeriksaan suhu tubuh rata-rata masih dalam batas wajar (normal) yaitu dibawah 36 derajat celcius. Walau dalam batas wajar, kepada 15 orang warga Wasior, Papua Barat  ini akan ditangani sesuai prosedur penanganan covid-19, yaitu Isolasi mandiri dan wajib menggunakan masker, walau keberadaan mereka hanya 2 Hari di Kampung Pasir Hitam, Kepulauan Yapen.

Sementara itu Marthen Worumi selaku kepala Kampung Pasir Hitam menambahkan bahwa, sebelum perahu mereka sandar di pasir hitam, selaku pemerintah kampung telah berkomunikasi dengan 15 warga Wasior tersebut tentang prosedur penanganan covid-19 di Kepulauan Yapen. Para penumpang pun juga merespon baik upaya pencegahan yang dilakukan oleh gugus tugas, dengan hasil pemeriksaan suhu tubuh normal, maka warga Wasior ini pun dapat di izinkan untuk tinggal bersama masyarakat kampung Pasir Hitam, serta tetap dilakukan prosedur pencegahan covid-19 yang berlaku, tuturnya.

(foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply