Resmi dilantik, kepengerusan KKSS dan IWSS cabang Kepulauan Yapen periode 2020 – 2025

Reporter : Andrew Woria

Serui Pemerintah Kepulauan Yapen melalui Wakil Bupati, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA pada hari sabtu, 18/01/2020 menghadiri peringatan HUT KKSS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan) ke-43, serta pelantikan pengurus KKSS dan IWSS periode 2020 – 2025.

Kegiatan ini berlangsung di gedung serba guna Darussalam, Serui dibawah sorotan tema : Merajut kebhinekaan untuk terwujudnya kabupaten Kepulauan Yapen yang bersatu, mandiri dan berkeunggulan.

Acara pelantikan dewan pengurus daerah KKSS Kepulauan Yapen periode 2020 – 2025, berlangsung dengan membacakan SK dari DPW KKSS Provinsi papua, tentang susunan personalia DPD KKSS Kepulauan Yapen dimana terpilih dalam musda KKSS Kepulauan Yapen, H. Basri Bennu, SE terpilih sebagai ketua KKSS Kepulauan Yapen, Sekertaris, Abdul Supialdi Kasman dan Bendahara, H. Akbar Ramin. Sementara ketua dewan pembina dijabat oleh H. Adhan Arman. Kemudian dilanjutkan dengan acara pelantikan pengurus daerah ikatan wanita sulawesi selatan (IWSS) yang dipilih dan ditetapkan melalui SK DPW IWSS Papua untuk periode 2020 – 2025, dimana sebagai Ketua IWSS cabang Kepulauan Yapen adalah HJ. Nur Aidah, dewan pembina ketua KKSS Kepulauan Yapen.

Sebelumnya berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh KKSS Kepulauan Yapen sejak 11 desember 2019 hingga 17 januari 2020, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar terbinanya solidaritas antara keluarga Sulawesi Selatan dan umumnya masyarakat di Kepulauan Yapen. Selain itu dilaksanakan juga beberapa kegiatan antara lain, kejuaran bulu tangkis yang dibuka secara umum, sepak takraw merupakan olahraga tradisional dari Sulawesi Selatan, sepeda santai, lari 10 km, kejuaran catur, domino, tenis meja, tarik tambang, lari karung dan musda KKSS ke-V.

KKSS adalah organisasi sosial kemasyarakatan, yang bersifat kekeluargaan menghimpun anggotanya ditempat perantauan. KKSS di Serui masuk sejak tahun 1946 dan tidak terlepas dari kehadiran Pahlawan Nasional, Sam Ratulangi.

Sementara untuk berdirinya, KKSS di Serui baru secara resmi berdiri pada tahun 1978.

H. Adhan Arman selaku dewan pembina KKSS Kepulauan Yapen menyampaikan bahwa dirinya berharap pada pengurus yang terpilih, sebagaimana disampaikan bahwa kerukunan ini bersifat kekeluargaan, walau selama 15 tahun kepemimpinannya penuh dinamika.

Sementara dalam sambutan pemerintah daerah, Wakil Bupati, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA mengatakan bahwa selaku pemerintah daerah, dirinya mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus KKSS dan IWSS, dirinya berharap agar organisasi ini semakin solid dan maju dalam mewadahi warga Sulawesi Selatan di Kepualauan Yapen. Keberadaan IKSS tetap eksis merupakan satu hal yang patut disyukuri, atas kekompakan yang terjalin antar warga Sulawesi Selatan dengan warga lain dalam bingkai kebhinekaan.  Bagi Kepulauan Yapen hal ini tentu berimbas pada  terjaganya kondisi daerah dan kelangsungan hidup bermasyarakat yang tetap aman, rukun dan damai di tahun 2020. Selain itu KKSS juga telah banyak berkontribusi dalam mengisi pembangunan di Kepulauan Yapen dalam berbagai bidang.

Pemerintah Kepulauan Yapen juga berpesan kepada pengurus KKSS dan IWSS yang baru dilantik untuk lebih bersemangat, loyal dan bertanggung jawab, dalam menggerakan roda organisasi ini unuk 5 tahun ke depan, dengan menunjukan sikap keteladanan yang baik bagi seluruh warga sulawesi selatan.

Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA, Ketua DPRD Kepulauan Yapen, Yohanes Raubaba didampingi beberapa anggota DPRD Kepulauan Yapen diantaranya, Ade Yullen Banua dan seorang anggota DPR Papua, Fadly Nasurullah, Ketua Dewan Adat Kepulauan Yapen, serta perwakilan paguyuban. Acara ini juga dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba dalam rangka memeriahkan HUT KKSS ke-43 tahun di Kepulauan Yapen.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *