Peran besar YPK dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Pengurus Sekolah Wilayah, Yayasan Pendidikan Kristen Kepulauan Yapen, pada hari jumat, 17 /01/2020 melakukan pertemuan bersama pemerintah Kepulauan Yapen, yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi B.Sc, S.Sos, MBA.

Dalam pertemuan ini, ketua PSW YPK Kepulauan Yapen, Drs. Orgenes Runtuboy, M.Si menjelaskan sejumlah kendala yang dihadapi oleh sejumlah sekolah YPK di Kepulauan Yapen.

Ketika dikonfirmasi kepada Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA mengatakan bahwa pertemuan kali ini, membahas apa yang menjadi pergumulan dan program kerja selama 5 tahun ke depan.

Dimana  yang menjadi pergumulan YPK adalah fasilitas pendukung di kantor maupun kegiatan lain. Seperti yang diketahui bahwa YPK ini memiliki 52 sekolah dasar, 2 SMP dan 2 SLTA. Selain fasilitas, kendala lain yang disampaikan oleh YPK yaitu terkait tenaga dan sisi pendanaan untuk mendukung.

Wakil Bupati menjelaskan bahwa pemerintah daerah sifatnya hanya membantu, dimana setiap tahun pemerintah daerah memberikan dana hibah, yang dapat digunakan untuk menggerakkan organisasi Yayasan Pendidikan Kristen. Walaupun demikian menurut Wakil Bupati bahwa YPK memainkan peran tidak kecil dalam mencerdaskan anak-anak bangsa di tanah Papua, sehingga selaku pemerintah daerah, dirinya juga ikut merasakan apa yang dirasakan oleh Yayasan Pendidikan Kristen tersebut.  Hal ini juga merupakan tanggung jawab moril dari pemerintah Kepulauan Yapen dalam memberikan support dan dukungan bagi YPK di Kepulauan Yapen.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *