Bupati di wilayah Teluk Cendrawasih melakukan tatap muka dan rapat bersama masyarakat adat di wilayah Teluk Cendrawasih pertemuan kali ini untuk melaksanakan penandatanganan pernyataan kesepakatan bersama penentuan daerah otonomi baru Teluk Cendrawasih.
Selain itu juga pertemuan kali ini untuk menyusun strategi pembangunan kawasan Teluk Cendrawasih. Sekretaris asosiasi Bupati di wilayah Teluk Cendrawasih, Tonny Tesar, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa pertemuan di Biak kali ini telah direncanakan sebelumnya guna membahas percepatan pembangunan dan strategi di kawasan Teluk Cendrawasih.
Tony juga menjelaskan bahwa dari perencanaan strategis yang dilaksanakan ini, mengerucut menuju satu kebersamaan untuk menjadi satu daetah otonomi baru. Hal ini juga sesuai dengan keinginan kepala kepala daerah di kawasan teluk yang ingin mempercepat pembangunan kawasan Teluk Cendrawasih dengan membentuk daerah otonomi baru yaitu Provinsi Teluk Cenderawasih. Perjuangan ini diawali oleh mantan Bupati Biak, Yusuf maryen yang menjabat pada waktu itu sebagai ketua asosiasi, yang di deklarasikan pada tanggal 12 Desember 2012 silam.
Tonny menjelaskan bahwa perjuangan ini tidak ada kaitannya dengan pertemuan presiden Jokowi dengan 61 tokoh Papua di Istana Negara beberapa waktu lalu. Akan tetapi momen tersebut bertepatan karena pengajuan DOB di Teluk Cendrawasih sendiri sebelumnya telah diajukan sejak tahun 2012.
Sebelumnya para bupati juga telah bertemu dengan gubernur Papua untuk membahas materi yang akan disampaikan kepada Presiden terkait dengan masalah Papua, namun Tonny juga menjelaskan bahwa Gubernur Papua akan meminta kepada presiden untuk melakukan pemekaran tidak hanya 2 tetapi 7 wilayah DOB di Tanah Papua, yang terdiri dari 5 di Provinsi Papua, 2 Di Papua Barat.
7 DOB yang akan diusulkan kepada Presiden ini berdasarkan 7 wilayah adat di tanah Papua. Menanggapi statmen Gubernur Papua, Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen bersama Bupati Biak Numfor pun mengagendakan pertemuan bersama Akademisi universitas cenderawasih guna melakukan kajian. Keesokan harinya tepat 17 September 2019, dilakukan penanda tanganan kerjasama antara asosiasi Bupati di kawasan Teluk Cenderawasih dengan pihak Uncen yang dihadiri oleh, Bupati Kepulauan Yapen, Bupati Biak Numfor, Bupati Waropen serta Sekda supiori.
Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos dalam pertemuan bersama Uncen, menjelaskan bahwa potensi sektor perikanan dan pariwisata yang menjadi sektor unggulan di kawasan Teluk Cenderawasih yang melatar belakangi dirinya untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan Teluk Cenderawasih.
Selain itu  Bupati Kabupaten Waropen, Yermias Bisai, SH pada kesempatannya juga menjelaskan bahwa apa yang telah dibentuk pada 12- 12-2012 silam, tentang deklarasi asosiasi Bupati kawasan Teluk Cendrawasih, yang diketuai oleh Bupati Kabupaten Supiori ini, sangat di dukung. Sehingga pemerataan pembangunan dapat terjadi di kawasan teluk cenderawasih, sementara itu Bupati Kabupaten Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd dalam kesempatan pertemuan tersebut juga menjelaskan bahwa masyarakat Biak siap mendukung penuh, selain itu dirinya juga meminta dukungan dari pihak Universitas Cenderawasih, dengan harapan agar pembangunan dan sdm yang ada di wilayah Papua pada umumnya bisa berjalan lebih cepat.
Selain itu, Sekda Supiori yang mewakili Bupati Supiori juga turut menyampaikan dukungan dari masayarakat dan pemerintah Kabupaten Supiori dalam proses percepatan pembangunan kawasan Teluk Cendrawasih.
Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST.MT dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan rasa bersyukur atas kepercayaan masyarakat adat di wilayah Saireri untuk uncen, dalam merancang kajian rencana pemekaran daerah otonom baru di kawasan Teluk Cenderawasih tersebut. Apolo menjelaskan bahwa wilayah adat Saireri merupakan pusat peradaban di Papua, sehingga wilayah adat Saireri harus menjadi yang terdepan. Pihaknya juga siap melaksanakan kepercayaan yang diberikan, dirinya juga akan mengundang dosen dari bidang ilmu terkait untuk segera membentuk tim dan mempersiapkan tugas yang harus dilaksanakan ungkapnya.
Tim Liputan Humas Sekda Kepulauan Yapen.