19 TAHUN ZONA DAMAI DI KEPULAUAN YAPEN

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen merespon cepat dari keinginan masyarakat di Kepulauan Yapen dalam momen peringatan pencetusan zona damai ke-19, dengan menyelenggarakan kegiatan dengan tema menjaga Tanah Papua sebagai tanah damai dan Serui sebagai pencetus sekaligus barometer zona damai.
Kegiatan yang yang dilaksanakan oleh badan Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Yapen ini juga, merupakan rekomendasi dari lembaga masyarakat adat dari 7 suku di Kabupaten Kepulauan Yapen, serta kerukunan masyarakat nusantara.
Selaku ketua dewan adat Onesimus Wayoi dalam sambutannya menjelaskan bahwa, Yapen sebagai zona damai yang sebelumnya dicetus oleh alm. Marthen Yusuf Tanawani yang pada saat itu menjabat sebagai ketua Lembaga Musyawarah Adat Yapen pada tahun 2000 silam. sehingga sebagai masyarakat patut mengucap syukur kepada Tuhan atas gagasan ini.
Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA dalam sambutannya juga menjelaskan, bahwa 19 tahun yang lalu Kabupaten Kepulauan Yapen telah dicetuskan sebagai zona damai, dimana kehidupan antar suku dan agama saling mengasihi satu dengan yang lainnya, sehingga di momen kali ini pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga zona damai tersebut dengan tidak terhasut oleh isu isu yang berkembang yang dapat merugikan diri sendiri dan kepentingan orang lain. Selain itu juga dirinya meminta agar masyarakat tetap menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa ada rasa takut karena aparat keamanan telah menjamin kondisi aman dan terkendali.
Dimomen peringatan zona damai di Kabupaten Kepulauan Yapen yang ke-19 tahun ini juga, dibacakan pernyataan sikap oleh paguyuban Nusantara bersama dengan masyarakat asli Kepulauan Yapen (OAP) di kota Serui diantaranya, segala bentuk diskriminasi rasial tidak diperkenankan di NKRI. Selain itu meminta kepada penegak hukum agar menindak tegas segala bentuk pelanggaran hukum tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan serta status sosial, guna menjaga Tanah Papua sebagai tanah damai.
Peringatan hari pencetusan zona damai ke-19 di Kabupaten Kepulauan Yapen ini, berlangsung di pelataran tugu perjuangan, Serui yang dihadiri langsung oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, Kapolres kepulauan Yapen, Dandim 1709 Yawa, serta pimpinan OPD, tokoh adat wilayah Kepulauan Yapen, tokoh agama dan tokoh perempuan serta masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen.
Tim liputan humas setda Kepulauan Yapen.