Palang Merah Provinsi Papua sesuai dengan AD ART telah melaksanakan rapat musyawarah, dan pada hari rabu 21 agustus 2019, melantik kepengurusan PMI Kepulauan Yapen periode 2019 – 2024, dimana Yohanes G. Raubaba terpilih menjadi ketua PMI Kepulauan Yapen Periode 2019 2024. Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen dan ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Papua.
PMI Kepulauan Yapen yang baru dilantik memiliki beberapa prioritas diantaranya siap mensukseskan Pekan Olahraga Nasional 2020 dimana Serui mendapat satu cabang olahraga. Selain itu yang menjadi tantangan terbesar PMI Kepulauan Yapen selama ini yaitu ketersediaan stok darah.
Nantinya PMI kepulauan Yapen juga akan meminta kepada beberapa tenaga perawat untuk mengikuti pelatihan transfusi darah yang akan membantu PMI Kepulauan Yapen dalam melaksanakan tugasnya. PMI kepulauan Yapen juga berharap agar di tahun depan dapat mengirim relawan yang akan mengikuti pelatihan transfusi darah.
PMI Kepulauan Yapen sendiri tidak hanya melayani masyarakat di Kepulauan Yapen tetapi juga melayani beberapa kabupaten di antaranya kabupaten Waropen dan kabupaten Mamberamo Raya.
Sementara itu Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa peran PMI sangat dibutuhkan Khususnya ketika menghadapi bencana mengingat Kabupaten Kepulauan Yapen merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bencana alam.
PMI juga menghadapi masalah kemanusiaan yang ada dikabupaten Kepulauan Yapen yaitu ketersediaan stok darah. Ini adalah salah satu kendala yang dihadapi di masa kepemimpinan Tonny Tesar, S.Sos selama 7 tahun di Kepulauan Yapen. Dikepengurusan yang baru selaku pemerintah daerah, akan terus mendukung PMI di Kepulauan Yapen dan berharap PMI dapat memberikan pelayanan bagi seluruh masyarakat di Kepulauan Yapen.
Tim liputan humas setda Kabupaten Kepulauan Yapen.