Pulau Mandena adalah sebuah destinasi wisata baru yang terletak diujung Barat Kabupaten Kepulauan Yapen.

Pulau ini terbentuk oleh beberapa gugusan pulau-pulau kecil, mengelilingi hamparan terumbu karang yang cukup luas, dan juga pada beberapa dari pulau kecil tersebut dihiasi dengan pasir putih yang mempesona pada bibir pantainya.

Karena kecantikannya yang mulai tersebar ke pelosok tanah air, pada Jumat, 09 Agustus 2019 lalu, Dr. Ir. Hari Suprayogi, Ditjen Sumber Daya Air, Kementrian PUPR beserta rombongan diundang oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos  untuk melakukan kunjungan kerja yaitu melihat secara langsung potensi wisata di Pulau Mandena.

Setibanya di Bandara Kamanap, Ditjen beserta rombongan dijemput oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos didampingi Sekda, Ir. Alexander Nussy, MM.

Tanpa menunggu lama rombongan kemudian bergegas ke Pulau Mandena melalui pantai Maryarotu.

Ketika tiba di Pulau Mandena, panorama pulau-pulau kecil dan pasir putih menyambut kedatangan rombongan, dan oleh karena keindahannya yang sungguh sangat memukau, Ditjen dan Bupati, Tonny Tesar sempat foto bersama dengan berlatar panorama biru laut dan hijaunya gugusan pulau-pulau.

Ketika dijumpai tim humas, Bupati, Tonny Tesar, S.Sos menyampaikan bahwa kedatangan Ditjen PUPR ke Pulau Mandena ini, dalam rangka kunjungan kerja guna melihat dan merasakan secara langsung potensi wisata di Pulau Mandena. Hal ini bukan tanpa alasan pasalnya mengingat ancaman abrasi di pulau-pulau terluar dari Kepulauan Yapen ini sudah sangat memprihatinkan.

Sementara itu dikesempatan yang sama juga Pulau Mandena kedatangan tamu dari mancenegara dengan menggunakan kapal pesiar (yacht), yang kebetulan sedang melintas dikawasan teluk Cendrawasih dan tertarik untuk mengujungi pulau Mandena tersebut.

Tim Liputan humas Kabupaten Kepulauan Yapen.