the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA, DALAM RANGKA LKPJ TAHUN ANGGARAN 2018 Previous item PENGUKUHAN KA MABICAB &... Next item UPACARA PERINGATAN HUT...

RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA, DALAM RANGKA LKPJ TAHUN ANGGARAN 2018

Serui – Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, dalam rangka laporan keterangan pertanggungjawaban Kepala Daerah tahun anggaran 2018 . Jumat, 12/04/2019.

Rapat Paripurna pertanggungjawaban Kepala Daerah tahun anggaran 2018 ini merupakan bentuk transparansi Pemerintah Daerah guna mempertanggungjawabkan hasil kerja keras dan kerja nyata selama masa tahun anggaran 2018 yang lalu.

Rapat Paripurna pertanggungjawaban Kepala Daerah berlangsung selama dua hari. Pembacaan laporan pertanggungjawaban dilaksanakan pada hari pertama dan kemudian rapat diskors guna menunggu respon berupa saran dan masukan oleh DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen.

Pada hari kedua laporan berupa saran dan masukan dibacakan oleh anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, dalam hal ini sebagai ketua tim kerja yang membahas tentang laporan pertanggungjawaban Kepala Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Johneltus Tanawani, dalam laporan disampaikan bahwa

 

1. Pada struktur ekonomi

a. walaupun peranan lapangan usaha sektor pertanian memberikan sumbangan yang besar terhadap penerimaan PDRB, namun dari sisi prosentase sedikit menurun yaitu pada tahun 2017 adalah 24,63 % jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya 25,14% pada tahun 2013. Hal ini tentu berpengaruh terhadap kenaikan harga dan adanya import produksi hasil pertanian dari daerah lain untuk pemenuhan kebutuhan lokal dan juga yang perlu menjadi perhatian bersama yaitu walaupun potensi perikanan ikan kita kaya namun pada kenyataan harga ikan cukup tinggi di pasar sehingga perlu adanya upaya-upaya dari Pemerintah Daerah untuk meningkatkan produksi ikan dan sekaligus menjaga kestabilitas harga ikan.

b. dalam laporan pertanggungjawaban Pemerintah Daerah tentang tinjauan ekonomi Kabupaten Kepulauan Yapen belum dimuat kondisi inflasi. Hal ini perlu dicantumkan sehingga dapat diambil langkah strategis untuk mengatasinya, antara lain dengan peningkatan produksi, fasilitasi Pemerintah Daerah berupa kebijakan untuk menurunkan inflasi serta peningkatan daya beli masyarakat.

 

2. Keuangan Daerah

a. Pendapatan Asli Daerah

Tim kerja DPRD menyoroti pendapatan asli daerah dimana realisasi tahun anggaran 2018 hanya kurang lebih 55% dari target yang ditetapkan. Tim kerja DPRD menyarankan agar peningkatan pendapatan asli daerah dapat dilakukan melalui Intensifikasi objek pajak dan retribusi daerah & Ekstensifikasi Pajak.

Oleh sebab itu guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat,  Tim kerja DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen memberikan beberapa rekomendasi yaitu :

1 tim kerja DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen menyampaikan terimakasih kepada saudara Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen yang telah menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada DPRD tepat waktu.

2 Atas semua keberhasilan yang diraih merupakan suatu upaya yang sungguh-sungguh dari Pemerintah Daerah dan semua stakeholder.

3 Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, Tim kerja DPRD memberikan beberapa masukan dalam rangka memperbaiki dan meingkatkan kinerja penyelenggara Pemerintah Daerah, yaitu :

a. untuk menumbuhkan pertumbuhan ekonomi daerah, perlu adanya peningkatan produktifitas pentani dan nelayan, stabilitas harga barang sesuai dengan kebijakan Pemerintah & peningkatan daya beli masyarakat dan juga memperluas lapangan kerja dengan menciptakan lapangan kerja baru terutama bagi masyarakat asli Papua melalui fasilitas Pemerintah Daerah, melalui program dan kegiatan yang termuat dalam APBD.

b. untuk keuangan daerah, penetapan target pendapatan asli daerah dalam APBD diharapkan sesuai kondisi nyata sehingga realisasi dapat dicapai, perlu pendapatan peningkatan pajak daerah dan retribusi pada beberapa objek pajak dan retribusi daerah dan juga terdapat SILPA sebesar Rp 69.905.319.059, 72. Kiranya dapat diuraikan jumlah DPAL dan sisa dana bukan DPAL.

c. untuk penyelenggaran Pemerintahan Daerah tim kerja DPRD meminta agar kiranya untuk laporan pertanggungjawaban berikutknya dapat memuat hasil berupa output dari setiap program dan kegiatan.

d. mohon perhatian kepada saudara Bupati untuk melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap dana bantuan keuangan kepada kampung, agar penggunaan dana bantuan tersebut dapat memberi manfaat bagi kesejahteraan rakyat dikampung-kampung.

e. peningkatan kualitas pendidikan, terutama bagi tenaga guru dan peserta didik kiranya dapat perhatian saudara Bupati, untuk itu peningkatan kedisiplinan tenaga guru harus ditingkatkan.

f. peningkatan pelayanan kesehatan pada puskesmas dan pustu kiranya mendapat perhatian pada upaya pencegahan penyakit.

g. peningkatan ruas jalan Serui – Dawai, Serui – Ansus, Ansus – Munggui dan Munggui – Poom kiranya dapat dibangun pada tahun anggaran 2019 ini sehingga dapat memperlancar arus transportasi sekaligus untuk menembus isolasi daerah.

h. perlu adanya perhatian terhadap Mama-mama Papua yang berjualan di pasar Aroro Iroro.

 

Setelah pembacaan laporan dari tim kerja DPRD kemudian dilanjutkan dengan pidato dari Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, dalam pidatonya Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh jajaran eksekutif, saya menyampaikan terimakasih dan rasa hormat kami, disertai apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD serta alat kelengkapan dewan, yang telah melakukan pembahasan dan memberi rekomendasi terhadap LKPJ Kepala Derah tahun 2018 sebagaimana yang telah kami sampaikan pada pembukaan rapat paripurna DPRD beberapa waktu lalu, yang selanjutnya disetujui untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Bupati, Tonny Tesar, S.Sos juga mengakui bahwa segala hal yang telah dilaksanakan dan dicapai sebagaimana telah disampaikan dalam LKPJ tahun 2018 ini, masih jauh dari suatu kesempurnaan sehingga perlu dibenahi dan lebih ditingkatkan lagi ditahun-tahun mendatang dalam rangka mewujudkan daerah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahterah.

Bupati juga berharap agar dukungan, kerjasama dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat  selama tahun 2018 yang lalu dapat terus diberikan untuk kelanjutan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Yapen pada tahun 2019 ini.

Tidak lupa pada akhir pidatonya Tonny Tesar, S.Sos menyampaikan bahwa selamat menyongsong perayaan Paskah tahun 2019 kepada seluruh umat Kristiani yang berada di Kabupaten Kepulauan Yapen dan semoga pada momen Paskah tahun 2019 ini dapat menjadi momen dimana kita semakin memperteguh keimanan kita dan memperbaharui sikap serta perilaku kita untuk selalu setia berjalan mengikuti perintah dan ajaran Tuhan Yesus Kristus Putera Paskah.

HARI PERTAMA RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA, DALAM RANGKA LKPJ TAHUN ANGGARAN 2018

HARI KEDUA RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA, DALAM RANGKA LKPJ TAHUN ANGGARAN 2018

Humas. Setda Kabupaten Kepulauan Yapen.