Reporter: Andrew Woria

Serui – Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Yapen melaksakan kegiatan Panen Rumput laut di Kampung Sarwandori, Distrik Kosiwo pada hari Sabtu, 10/04/2021. Kepada kepyapenkab.go.id, Kadis Perikanan Kabupaten Kepulauan Yapen, Daniel Reba menyebutkan bahwa Panen Rumput laut kali ini adalah panen yang ke 3 kali nya dimana telah dilakukan penanaman dari bulan Desember 2020. Dan lebih di fokuskan pada pembibitan. Selain itu ada 6 kelompok pembudidaya rumput laut yang diberikan hasil panen Rumput laut sebagai bibit dengan berat masing masing bibit tiap kelompok mencapai 70 KG dalam kegiatan panen bibit rumput laut ini Dihadiri secara langsung oleh Kabid Produksi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Yan Wayeni, di dampingi Kepala Seksi Budidaya, Abimail Mambrasar, serta warga masyarakat dari 6  kelompok pembudidaya rumput laut.

” Kita bersyukur karena sejak pengembangan bibit rumput laut ini angka dari kilonya terus bertambah. Dimana start awal kita di angka 150 kilo, Panen pengembangan kedua kita sudah mencapai 500 kilo dan hari ini kita bersyukur kepada Tuhan karena kita sudah mencapai 1 ton 600 kilo ” ucapnya

Daniel berharap pada panen pengembangan rumput laut berikutnya dapat mencapai angka tertinggi lagi. Dari panen bibit ini telah didistribusikan kepada 6 kelompok pembudidaya dengan masing-masing menerima 70 kilo, Sehingga nantinya pada panen bibit selanjutnya pihaknya dapat menyalurkan kepada 6 kelompok ini sebanyak 300 kilo untuk masing-masing pembudidaya ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Pembudidaya Kamanumpa, Yosep Takanyuai menambahkan bahwa dirinya bersama kelompoknya mengucap syukur kepada Tuhan dan juga berterima kasih kepada Bupati Kepulauan Yapen melalui dinas terkait yang boleh memberikan kesempatan kepada kelompoknya untuk terlibat dalam budidaya rumput laut. Selaku kelompok pembudidayaan rumput laut Yosep juga berharap agar kedepannya Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Yapen tidak meninggalkan ataupun membiarkan para pembudidaya berjalan sendiri namun dapat terus mendampingi hingga memperoleh hasil yang Maksimal. Selain itu juga ia berterima kasih atas perhatian khusus yang diberikan oleh dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua melalui Kepala Bidang produksi dan kepala seksi budidaya yang boleh hadir serta memberikan kan arahan terkait kebijakan dari provinsi Papua melalui dinas teknis terkait.

(Foto dan Video : CRI)