Badan Usaha Milik Kampung Manamyai Aryobu dan Kelompok Usaha Masyarakat Asai Distrik Windesi, menggelar kegitan sosialisasi dan rapat bersama Pemerintah Daerah, pada hari Kamis, 25/05/2023 di ruang rapat setda Kabupaten Kepulauan Yapen. Sejumlah hasil Produk unggulan hasil kelolah Bumkap yang didampingi oleh Yayasan WWF Indoensia Program Papua ini dipresentasikan eksistensinya diantaranya adalah Pengelolaan Produk Ikan, dan Pisang.

Selaku Penyelenggara Rapat Kordinasi tersebut, Jusly Tanawani menjelaskan bahwa bersama WWF Indonesia Papua yang menggelar kegiatan Pendampingan Pengelolaan Perikanan Pertanian dan skema Usaha Kelompok Masyarakat Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, hal ini adalah salah satu lokus wwf indonesia dan selaku bappeda mengakomodir rapat lintas sektor opd tersebut.

Lebih lanjut dikatanya bahwa Intinya adalah menyampaikan kepada pemerintah daerah terkait dengan produk unggulan kampung asai dan aryobo terkait dengan perikanannya, baik hasil hasil perikanan tersebut yang sudah di olah oleh masyarakat dan skema usaha masyarakat. Dan salah satu kendala yang dialami adalah masalah pemasaran produk tersebut, sehingga pemerintah daerah perlu melakukan upaya upaya untuk memberikan akses pasar bagi konsumen yang lebih baik.

Sebelum membuka kegiatan ini, mewakili Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si., Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny R Tania, S.IP membacakan secara langsung sambutan Bupati dimana disebutkannya bahwa kampung asai dan aryobu merupakan dua lokasi yang menjadi dampingan wwf indonesia sejak 2015 dan telah menargetkan kawasan hutan dan laut melalui pengembangan bisnis pertanin dan perikanan. secara khusus dilakukan dalam prospeknya wwf telah memfasilatsi pengembangn unit usaha, dan badan usaha milik kampung di aryobu maupun asai.

Pengembang usaha ini tak akan berkembang tanpa promosi dan pemasaran serta infrastruk maka perlu ada koloborasi untuk memajukan perekonomiannya sendiri. Pemerintah Daerah Juga berharap agar melalui Rapat kali ini dapat mengoptimalkan Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia sehingga para peserta rapat ini dapat pro aktif dan para asisten maupun pimpinan OPD Teknis Yang Hadir diharapkan mampu memberikan sumbangsi serta informasi dan masukan pemikiran yang bersifat membangun agar masyarakat dapat lebih baik lagi sebab momentum rapat koordinasi ini menjadi salah satu kesempatan bagi kita untuk selalu berinovasi dan mengembangkan ide ide pengembangan ekonomi mikro yang baru. Atas nama pemerintah daerah, Sekretaris Daerah Erny Tania juga berterima kasih kepada WWF Indonesia Program Papua dan juga universitas Negeri Papua

Dalam rapat tersebut diberikan kesempatan bagi masyrakat melalui Bumkamt maupun kelompok usaha masyrakat menyampaikanPaparan dan diskusi rencana bisnis masyrakat baik di kampunh asai dan aryobu Distrik Windesi

Foto : Humas Yapen