Pj. Bupati Yapen Bersama DPRD Setujui Raperda APBD Tahun Anggaran 2023

Kepulauan Yapen, Serui – Dalam Rapat paripurna I DPRD Kepulauan Yapen yang diagendakan Kamis (12/01/23) sekitar pukul 09.00 WIT – Selesai di Ruang Sidang DPRD, Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Yapen bersama DPRD menyetujui bersama Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Tahun Anggaran 2023.

Agenda dalam sidang ini adalah Penyampaian Laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD terhadap hasil pembahasan Rancangan APBD, Jawaban Pemerintah terhadap Laporan Banggar, Penyampaian Akhir Fraksi-Fraksi DPRD dan Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama Raperda APBD Tahun Anggaran 2023.

Rapat paripurna I yang dilanjutkan dalam pleno 4 dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Yapen Yohanes G. Raubaba, S.Sos. dan didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Yapen Jasten Simanjuntak, Wakil Ketua 2 DPRD Yapen Fredolin Warkawani, dihadiri  Pj Bupati Yapen Cyfrianus Y. Mambay dan segenap anggota DPRD Yapen.

Turut Hadir juga dalam Rapat Paripurna Sekretaris Daerah Yapen, Jajaran Forkompimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Sekertaris DPRD, Pimpinan OPD, Kabag Setda, Para Kepala Distrik, Pejabat Struktural dan Fungsional, Insan Pers dan elemen penting lainnya.

Penetapan APBD tahun Anggaran 2023 ini tertuang dalam Keputusan DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen  Nomor :  1 /KPTS/DPRD-KY/2023, Tentang Persetujuan terhadap rancangan peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Kepulauan Yapen tahun anggaran 2023 yang dibacakan oleh Sekwan Piter Dacosta.

Adapun Penyerahan hasil rapat Paripurna I oleh pimpinan DPRD Yapen, Yohanes G.  Raubaba kepada Penjabat Bupati Cyfrianus Yustus Mambay, yang dilanjutkan dengan Penandatanganan berita acara persetujuan dan nota kesepakatan kepala daerah dan DPRD tentang Rancangan peraturan daerah APBD tahun anggaran 2023.

Memberikan sambutan di Rapat Paripurna yang berlangsung Pj. Bupati Yapen Cyfrianus Y. Mambay menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen

Kata Pj Bupati Yapen di momen yang berbahagia ini, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada segenap Pimpinan dan Anggota DPRD, Badan Anggaran dan juga kepada Tim Anggaran Pemerintahan Daerah (TAPD) atas berlangsungnya sidang yang diagendakan, yang pafa akhirnya mendapatkan persetujuan dari legislatif dan di tetapkan menjadi Peraturan Daerah.

“Tahapan demi tahapan yang telah dilewati tentunya  tidak mudah, karena dalam setiap proses pembahasan membutuhkan perhatian dan tanggungjawab bersama dari segenap Pimpinan dan Anggota DPRD, lebih khusus Anggota Banggar dan TAPD.” tuturnya.

Pj Bupati Yapen Cyfrianus Y. Mambay mengakui bahwa penyusunan APBD Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2023 akan menentukan skala prioritas pembangunan daerah pada masing-masing program kegiatan, sehingga penyusunannya harus diteliti dan dikaji secara seksama dan mendalam.

Di momen ini juga Pj. Bupati Yapen menjelaskan penyelesaian atas semua tahapan pembahasan APBD Tahun Anggaran 2023 menjadi wujud dari kebersamaan dan kerja keras dari DPRD dan Pemda menuju kemajuan dan perubahan Kabupaten Kepulauan Yapen kearah yang jauh lebih baik lagi.

“Pembahasan yang dilakukan menjadi kerja keras dari DPRD dan Pemda dan juga menjadi bagian dari kesungguhan, kebersamaan, kerja sama dan sinergisitas kedua belah pihak”, jelasnya.

Lanjutnya menyampaikan harapan dengan ditetapkannya APBD tahun anggaran 2023 ini semakin memacu semua komponen pembangunan didaerah ini untuk bekerja keras dan lebih inovatif sehingga ada terobosan-terobosan baru yang dibuat berdampak terhadap peningkatan pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat kabupaten kepulauan Yapen.

“untuk mendukung terwujudnya harapan tersebut, Saya  mengajak kita semua, baik Legislatif dan eksekutif untuk kita saling bersinergi  dan  bergandengan tangan dalam mengawal pelaksanaan APBD 2023 dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai kapasitas kita masing-masing sehingga apa yang menjadi keinginan bersama dari APBD 2023 ini dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku serta memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kepentingan daerah dan masyarakat.” harapnya

Diakhir penyampaiannya Wabup mengungkapkan apa yang menjadi usul, saran, catatan atau pun masukan dari DPRD terkait Rancangan APBD Tahun 2023, dengan segera akan ditindaklanjuti, sesuai dengan Ketentuan Peraturan dan Perundang-Undangan yang berlaku”, tutupnya.

Dalam pantauan tim liputan Prokopim Humas Setda, sidang paripurna berjalan khidmad, aman, tertib dan lancar.

Humas Media Pemda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat