Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Bupati Tonny Resmikan Gedung Baru Puskesmas Tindaret

Reporter : Robby Mesak

Tindaret – Kehadiran Puskesmas Tindaret memiliki arti penting untuk memberikan kemudahan dalam hal akses pelayanan kesehatan kepada warga yang berdomisili relatif jauh dari pusat pemerintahan, di distrik Yapen Utara, Kabupaten Kepulauan Yapen. Puskesmas tersebut menyerap anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi dan didukung sarana dan prasarana yang relatif lebih lengkap.   

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolus Tanawani pada acara peresmian Puskesmas Tindaret. Senin, 29/03/2021 oleh Bupati Tonny Tesar, S.Sos yang didampingi Forkompinda, Sekretaris Daerah, Ir. Alexander Nussy, MM., Asisten I Tata Pemerintahan & Kesra, Erny Tania, S.IP  beserta rombongan pimpinan OPD.

Bupati Tonny memberikan Apresiasi kepada dinas kesehatan, Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) dan pihak-pihak terkait atas pencapaian yang diraih, ia berharap semoga puskesmas ini, dapat dikelola dan difungsikan dengan baik agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat kampung Tindaret dan juga masyarakat pada wilayah-wilayah sekitarnya.

“Dengan keberadaan puskesmas Tindaret yang baru ini, maka tentunya menjadi harapan kita kedepan dimana tersajinya pelayanan yang optimal didukung ketersediaan tenaga medis yang memadai, disiplin, loyal dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas dan kewajibannya, sehingga memberikan kepuasan pelayanan bagi masyarakat.” ujarnya.

Selain itu, untuk tersajinya pelayanan yang optimal pada puskesmas ini, dirinya juga meminta dukungan dari seluruh masyarakat agar menjaga kondisi kampung Tindaret tetap aman dan kondusif, karena puskesmas yang dibangun ini adalah milik kita bersama, serta tidak melakukan aksi-aksi yang meresahkan tenaga medis yang bertugas di wilayah ini, karena hal tersebut akan menghambat pelayanan yang diberikan.

Setelah memberikan sambutan, Bupati menyerahkan 3 tenaga medis dan 1 tenaga dokter kepada kepala Puskesmas Tindaret, yang disaksikan oleh Kepala Kampung dan seluruh warga masyarakat, serta besar harapannya agar pelayanan puskesmas Tindaret bisa memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Kepulauan Yapen, Robert Ayomi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah memberikan kepercayaan bagi 48 Pengusaha Asli Papua, dengan memberikan paket pekerjaan pembangunan Puskesmas sebagai akses pelayanan bagi masyarakat.

“Dalam kalender kerja 90 hari kami bisa menyelesaikan beberapa Puskesmas dari beberapa distrik, salah satunya Puskesmas Tindaret, ini menjadi wujud nyata dari kami KAP agar kedepannya, KAP bisa diberikan kepercayaan dari pemerintah daerah untuk mengerjakan paket pekerjaan yang tersedia.” jelasnya.

Usai Peresmian dan penyerahan tenaga medis, Bupati, Forkompinda beserta pimpinan OPD hendak melihat kelengkapan dan pembangunan fisik Puskesmas Tindaret dan pembangunan kopel rumah dokter dan perawat.

Terpantau Media Humas Pemda Yapen, turut hadir Ibu Wakil Bupati, Tina Sanadi, Kepala Kampung Tindaret, Bamuskam, ketua Klasis GKI Yapen Utara, Tokoh Adat, Tokoh  Pemuda, Tokoh Perempuan Warga masyarakat serta tamu undangan lainnya.

(Foto & Video : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *