CSR PT.PLN (Persero) 574 APDAL dan 28 Spel Terangi 11 Kampung dari 3 Distrik di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Reporter : Andrew Woria

Karawi – Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos meresmikan sekaligus melaunching APDAL atau Alat Penyimpanan Daya Listrik yang merupakan bantuan CSR PT PLN Persero unit induk Wilayah papua dan Papua barat melalui UP3 Biak – ULP Serui pada Kamis 18/03/2021. Peresmian Apdal ini berlangsung di Kampung Karawi Distrik Windesi, serta dihadir oleh sejumlah pejabat Daerah dan PLN Up3 Biak. CSR ini adalah bantuan langsung dari sebuah Perusahaan (PT.PLN Persero ) yang memberikan bantuan kepada daerah daerah yang membutuhkan bantuan dan secara khusus bagi Kabupaten Kepulauan Yapen, Ada 11 Kampung di 3 Distrik yaitu, Distrik Windesi, Distrik Yerui, dan Distrik Teluk Ampimoi, dengan Jumlah Kampung antara Lain :

1. Kampung Karawi,
2. Kampung Kaonda,
3. Kampung Aryobu,
4. Kampung Waisani,
5. Kampung Munggui,
6. Kampung Rosbori,
7. Kampung Yetuairau,
8. Kampung Jeniari,
9. Kampung Kumpeki,
10. Kampung Ausem
11. Kampung Bareraif.

Manager PLN UP3 Biak, Yohanis soedarmono  dalam laporan nya menyebutkan bahwa CSR ini disalurkan di 11 Kampung walaupun sedikit mengalami kendala dalam menyalurkan CSR ini namun tidak menjadi halangan bagi pihaknya. Ia juga berterima kasih kepada kepala desa, babinsa serta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen yang sudah mengawal pihaknya .

“Kita lewati banyak cara untuk bisa menghadirkan penerangan bagi desa desa. Ada 574 unit APDAL yang dipasang di 11 desa ini. Jadi apdal ini kalau bisa digunakan dengan baik bisa digunakan sampai 15 tahun ke depan ” tuturnya.

Sementara itu Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada warga di 11 kampung yang telah menikmati bantuan CSR PT.PLN (Persero) di 3 Distrik,

Pemda juga memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada PLN Secara khusus UP3 biak yang bisa mengakomodir usulan dari kabupaten Kepulauan Yapen terhadap penerangan di 11 kampung. Bupati Tonny menyebutkan bahwa Hal ini membutuhkan perjuangan dan kepedulian. 

Dikesempatan kali ini Bupati juga sekaligus meresmikan penggunaan Listrik yang ditandai dengan pengguntingan pita Spel atau Stasiun Pengisian Energi Listrik serta menerima secara simbolis APDAL atau Alat Penyimpanan Daya Listrik dari Manager PLN UP3 Biak, yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Kampung Karawi, Yance Keribo. Untuk diketahui bahwa listrik yang diresmikan oleh Bupati Kepulauan Yapen ini adalah CRS dari PT. PLN (Persero) berupa Apdal Sebanyak 574 bagi 11 Kampung di kabupaten Kepulauan Yapen dan 28 Spel atau Stasiun Pengisian Energi Listrik.

Peresmian PLN di Kampung Karawi ini juga Dihadiri Langsung oleh Sekretaris Daerah Ir. Alexander Nussy, MM., Asisten 1 Pemerintahan, Erny Tania, Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen, Ny. dr. Suhenny Tesar, Plt. Kasat Pol PP, Kadis PUPR, Kadistrik Windesi, serta Sekdis Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *