Di Distrik Pulau Kurudu, inilah sejumlah Kegiatan yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen

Reporter : Robby Mesak

Miobo – Dalam Rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 49 Tahun. Kamis, 11/02/2021. Tim Penggerak PKK kabupaten kepulauan Yapen melaksanakan Sosialisasi Administrasi Kelembagaan. Tak hanya itu, TP PKK juga menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen  untuk mensosialisasikan tentang bahaya penyakit Malaria dan TB Paru di kampung mnuknuwar, Distrik Pulau Kurudu kabupaten kepulauan Yapen.

Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen dr. Suhenny Tesar menyebutkan bahwa Tim Penggerak PKK sebagai gerakan Nasional dalam pembangunan yang tumbuh dan berkembang dari bawah dengan pengelolaan dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya Keluarga sejahtera.

“Fungsi dan perannya PKK untuk mensejahterakan keluarga dengan lingkungan yang baik agar memujudkan pendidikan yang baik, terampil dan  takut akan Tuhan.” jelasnya.

Sementara itu, wakil ketua TP PKK Tina Sanadi menambahkan bahwa dalam rangka memperingati HKG ke 49 Tahun, dari TP PKK bersama dinas kesehatan Kepulauan Yapen melaksanakan sosialisasi sekaligus berbagi kasih dan memberikan pembinaan materi bagi TP PKK distrik dan kampung dalam administrasi kelembagaan sesuai empat pokja-pokja yang berada dalam tubuh TP PKK.

Dirinya pun, menyampaikan Apresiasi bagi Ibu-ibu TP PKK distrik dan kampung yang mana sudah menyambut baik kehadiran TP PKK kabupaten untuk hadir memberikan materi pembinaan tentang fungsi dan peran PKK bagi keluarga.” ujarnya.

Sementara itu Yohanis Woisiri selaku Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) pada dinas kesehatan Kepulauan Yapen, dalam Sosialisasinya kepada Peserta kegiatan TP PKK distrik dan kampung, menyampaikan tentang bahaya Penyakit menular Malaria dan TB paru.

“Namun masih ada pemikiran bahwa penyakit Malaria dan TB Paru adalah penyakit yang biasa saja, nah ini yang keliru, malaria merupakan penyakit serius yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang menjadi akan kematian  tertinggi di Papua demikian TB Paru adalah penyakit kronis yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia” ungkapnya.

Dirinya menyampaikan, untuk terhindar dari Malaria dan TB Paru, maka kita dianjurkan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta mengaplikasikan etika batuk yang benar. Untuk penanganan penderita positif TBC, pemerintah memberikan obat secara gratis yang bisa didapat di Puskesmas terdekat dan untuk Malaria harus menghindari gigitan nyamuk serta tidur menggunakan kelambu yang sudah distribusikan oleh Puskesmas, tutupnya.

Setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi, Tim Penggerak PKK kabupaten melakukan kunjungan berbagi kasih ke salah satu PAUD Permenas Kampung mnuknuwar sebagai binaan TP PKK.

Terpantau media hadir Kepala Distrik Pulau Kurudu bersama staf, kepala kampung mnuknuwar bersama kaur Kampung, seluruh TP PKK distrik dan kampung serta warga masyarakat kampung mnuknuwar.

(Foto – Vidio : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *