Waket II DPRD Yapen, Pastikan Kawal Realisasi Hasil Musrenbang Distrik Yawakukat.

Reporter : Robby Mesak

Yawakukat – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen Dapil dua mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)  Distrik Yawakukat, Jumat (26/02/2021).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Distrik Yawakukat Tahun 2021, dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2022 dengan tema ”Memantapkan Pembangunan Infrastruktur Dasar dan Fasilitas Sosial Ekonomi lainnya untuk Memacu Pertumbuhan Ekonomi dan mengurangi kesenjangan.”

Musrenbang tingkat Distrik Yawakukat ini yang dilaksanakan di Kantor distrik Yawakukat dan dihadiri oleh Tim Asistensi Bappeda Kepulauan Yapen, Sekretaris Distrik, Forkopimda, tujuh kepala kampung dan bamuskam serta Sekretaris Kampung se-Distrik Yawakukat.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh tim Asistensi Bappeda kabupaten Kepulauan Yapen, Loveana L. Mara. S.Sos pada pembukaan Musrenbang mengatakan, Bupati berharap agar dengan Musrenbang dapat terwujud perencanaan pembangunan yang konsisten sampai dengan penganggaran.

“Perencanaan pembangunan pada 16 distrik di kabupaten Kepulauan Yapen, saya harapkan mengacu pada tema pembangunan daerah tahun 2022 yaitu meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar dan fasilitas sosial ekonomi lainnya untuk memacu pertumbuhan ekonomi guna mengurangi kesenjangan, Hal itu dimaksudkan sebagai salah satu upaya kita untuk bisa mempercepat terwujudnya visi kabupaten Kepulauan Yapen yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahtera, sebagaimana yang kita emban bersama.”

Sementara itu Sekretaris Distrik Gayus Abihut Mara, A.Md mengatakan, berkaitan dengan pelaksanaan Musrenbang tahun 2021ini sedikit berbeda dengan musrenbang tahun – tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini kita menggunakan sistem manual.

Ia juga menambahkan bahwa Musrenbang tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen bersama dengan pihak Legislatif berupaya memasukkan usulan-usulan yang prioritas, baik pembangunan infrastruktur dan bantuan stimulan ekonomi kerakyatan.

Dalam Musrenbang kita memacu pada tiga bidang yang menjadi keputusan akhir dari Musrenbang Distrik Yawakukat yaitu :

1. Memutuskan Program Prioritas Bidang Infrastruktur sebanyak 38 Program.

2. Memutuskan Program Prioritas Bidang Ekonomi sebanyak 17 program.

3. Memutuskan Program Prioritas Bidang Sosial Budaya sebanyak 23 program.

Sehingga total usulan kegiatan berjumlah 78 program.

Waket II ketua II DPRD, Yapen Fredolin Warkawani, SE ketika diwawancarai mengatakan bahwa Musrenbang di Distrik Yawakukat sudah dilaksanakan, dan selanjutnya masukan masyarakat menjadi kewajiban anggota dewan untuk diperjuangkan.

“Bentuk pembangunan skala prioritas, tetap melihat apa dan disisi apa. Nilai sisi prioritas tentu tidak bisa kita abaikan yang dilihat dari aspek kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

(Foto : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *