Butuh Normalisasi, DPRD Yapen dan Dinas PU tinjau Sungai Ewani

Reporter : Robby Mesak

Serui – Wakil Ketua II DPRD Yapen Fredolin Warkawani, seusai mengikuti Musrenbang tingkat distrik, Jumat, 26/2/2021. bersama Dinas Pekerjaan Umum Kepulauan Yapen meninjau dan memastikan langsung, rencana usulan kegiatan pembangunan talud sungai ewani, yang menjadi permintaan  kepala kampung dan warga masyarakat warari, distrik Anotaurei.

Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Yapen, Fredolin Warkawani, S.E. bersama Dinas PU Kabupaten Kepulauan Yapen setelah meninjau dan melihat usulan dari masyarakat, ditemukan ada beberapa titik yang dianggap biang banjir, oleh sebab itu kawasan sungai Ewani membutuhkan normalisasi.

Ketika di wawancarai media, Wakil Ketua II DPRD kabupaten Kepulauan Yapen mengatakan, usulan normalisasi sungai Ewani ini sudah diusulkan dalam musrenbang dan ini sangat dibutuhkan, mengingat ada fasilitas umum gedung gereja dan rumah warga masyarakat yang mendiami bandaran sungai Ewani, kegiatan program ini harus kita pastikan bisa aman, karena ini menjadi kebutuhan fasilitas infrastruktur dasar bagi masyarakat.

“Setelah dihitung dan yang memang rawan sekali untuk dikerjakan sekitar 150 meter, dengan tinggi 2 meter sebagai pengamanan sungai, Ia berharap dinas terkait bisa melihat ini sebagai kebutuhan prioritas masyarakat” ujarnya.

Sementara itu Deki Leonard Rewang, S.S.T. selaku Kasi. Bangunan dan Gedung Bid. Cipta Karya pada Dinas PU kabupaten Kepulauan Yapen, dirinya mengatakan kami dinas terkait sudah melihat kondisi sungai dan apa yang menjadi usulan warga masyarakat dalam hal perencanaan pemasangan talud di sungai Ewani, dari tata aturan pembangunan wajib 500 meter dari bandaran sungai, namun sudah ada pembangunan fasilitas umum gedung gereja dan rumah warga masyarakat yang dibangun dibandaran sungai Ewani dan ini merupakan tanggung jawab kami sebagai pemerintah untuk dapat melihat apa yang dibutuhkan masyarakat.

Selain itu ia berharap, agar tingkat kesadaran warga masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, dimana dari hasil peninjauan ditemukan adanya endapan sampah yang sangat banyak, sehingga air sungai tidak lancar dan membuat putaran arus ke kiri dan ke kanan yang mengakibatkan gerusan – gerusan pada dinding tanah bangunan, jelasnya.

Dikesempatan itu kepala kampung Wawari, Isak Abba juga mengatakan usulan normalisasi sungai Ewani ini sudah sangat cukup lama kami usulkan, kami berharap kehadiran Pemerintah Daerah saat ini bisa menjawab dan merealisasikan apa yang menjadi usulan kami warga masyarakat kampung Warari.

(Foto – Vidio : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *