Dinas Perikanan dan kelautan Yapen, lakukan pendistribusian benih bibit ikan air tawar

Reporter : Robby Mesak

Serui – Dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat dimasa pandemi, dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kepulauan Yapen kembali lagi melakukan pendistribusian dan pembagian benih bibit ikan air tawar, kepada 31 orang pembudidaya di distrik Yawakukat dan distrik Angkaisera, Kamis, 25/02/2021, yang mana tahun 2020 sudah dilakukan pendistribusian bagi pembudidaya di distrik Yapen Selatan.

Kepala dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Kepulauan Yapen, Daniel Reba, SE ketika di wawancarai mengatakan, pendistribusian benih bibit ikan tawar hari ini sebanyak 2.170 yang di ambil dari Balai Bibit Ikan (BBI) terdiri dari ikan Nila dan Ikan Mas.

“Pembenihan benih ikan nila dan mas merupakan usaha budidaya yang sangat produktif, jenis ikan tawar ini memiliki usia produksi 3-4 bulan, ia berharap 31 orang pembudidaya yang sudah mendapatkan benih bibit tersebut boleh melihat ini sebagai sesuatu berkat yang ada, dijaga dan dirawat dengan baik agar beberapa bulan kedelapan, sudah bisa di panen dan memberikan nilai tambah peningkatan ekonomi, ia juga menambahkan bahwa dengan pengelolaan yang tepat, pembenihan ikan nila dan mas akan menjadi usaha yang menguntungkan.” jelasnya.

Sementara itu Petras Bayoa selaku pembudidaya ikan tawar yang sejak dari tahun 2018 merasa bersyukur, dengan adanya benih bibit ikan tawar yang diberikan oleh dinas Perikanan dan Kelautan ini bisa menjadi penambah nilai ekonomi bagi keluarganya.

“Ia mengatakan sudah melakukan beberapa kali panen serta penjualan ke rumah makan dan restoran bahkan ada pembeli yang datang membeli di kolam , dimana sejak 2018 hanya memiliki 2 kolam dengan hasil budidaya ikan tawar ia sudah menambah 8 kolam menjadi 10 kolam budidaya ikan tawar.” ungkapnya.

Jhon Mambay selaku Koordinator Balai Bibit Ikan menambahkan, Bibit Ikan yang di keluarkan dari BBI total jumlah sebanyak 2.170 ekor benih, yang pembagiannya untuk 31 pembudidaya, dimana 1 orang pembudidaya mendapatkan benih ikan mas 20 ekor dan ikan nila 50 ekor.

Dari 31 orang pembudidaya ini, ada permintaan langsung ke dinas perikanan dan BBI, lalu kemudian pengecekan kembali dari dinas dan penyuluh bagi pembudidaya, memulai pembagian dari kampung Rambai, Borai, Kontinai, Aitiri, Roipi, Kainui, Wawuti dan Mananayang.

(Foto – Vidio : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *