Supervisi Paud Binaan TP PKK di Kampung Mananayang.

Reporter: Andrew Woria

Mananayang – TP PKK kabupaten Kepulauan Yapen kembali melakukan kunjungan kerja ke Kampung Mananayang, pada hari Kamis, 17 Desember 2020. Kali ini dalam rangka Supervisi paud binaan TP PKK kabupaten di Paud ainon Kampung Mananayang Distrik Angkaisera. Dalam Kegiatan Supervisi ini di hadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen, dr. Suheny Tesar bersama Pengurus TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen.

Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen, melaporkan bahwa Kegiatan ini rutin setiap tahun dilaksanakan untuk melihat secara langsung aktivitas paud, serta memberikan paket bingkisan bagi anak anak paud dan insentif kepada tutor atau pengajar. Paud ini juga mendidik 24 Orang Anak Anak di Kampung Mananayang mulai dari usia 3 hingga 6 Tahun.

Sementara itu, Pembina TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen selaku Bupati, Tonny Tesar mengatakan bahwa ia berterima kasih atas pertemuan nya yang mendadak di kampung itu, apa lagi menjelang hari raya Natal dan bisa hadir sebagai Pemerintah untuk melihat keadaan masyarakat di kampung.

” Paud ini masih sangat sederhana dan ada partisipasi dari masyarakat. Terutama anak anak yang mendapat pendidikan di paud akan lebih siap dan lebih baik jika nanti akan masuk dalam jenjang formal, ini sudah menjadi bukti banyak hal.” Ujarnya

Tonny juga mengajak kepala kampung Mananayang, Bamuskam dan kepala distrik agar mari dapat memberikan kesempatan kepada anak anak untuk bisa mengikuti pendidikan di paud. Mereka harus bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik ungkapnya. Dirinya juga meminta perhatian orang tua untuk melihat hal ini. Ada 24 anak anak yang mengikuti pendidikan paud mulai 3 hingga 6 tahun yang akan dibagi dalam 2 hingga 3 kelas sehingga Bupati berharap Harus ada perbedaan antara usia 3, 4, dan 6 . Ia meminta agar tutor atau pengajar dapat memperhatikan usia yang berbeda. Selain itu Bupati juga berharap agar semua kampung harus sudah ada paud. menurut nya untuk membangun paud juga tidak harus dari kabupaten atau dinas tetapi tanggung jawab pemerintah yang ada di kampung.

” Tolong kepala kampung perhatikan karena ini bagian dari pelayan bagi masyarakat di Kampung. Sementara untuk tenaga pengajar, sudah ada dana operasional dari kabupaten, kita berharap ada dukungan dari kepala kampung untuk bisa memberikan alokasi kepada pengajaran atau makanan tambahan sehingga mereka bisa berkembang dengan baik. TP PKK ini membantu pemda untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan di kabupaten termasuk yang ada di kampung Mananayang ini ” ungkap Bupati

Tak hanya itu Pada saat memasuki hari kelahiran Tuhan Yesus, ia juga akan memberikan bingkisan natal bagi ibu ibu janda, duda, lansia atau anak anak yatim sebagai rasa sukacita, sehingga bisa dirasakan bersama walaupun dengan keterbatasan yang ada, sebagai anak anak Tuhan kita selalu harus bersama sama dalam satu kasih damai sejahtera untuk Menjelang perayaan natal tahun ini ujar Bupati Kepulauan Yapen.

Selanjutnya dirinya membagikan Paket Bingkisan Natal Kepada Warga di Kampung Mananayang serta akan disalurkan ke kampung wanampompi, wawuti dan wadapi.
Kegiatan kali ini dihadiri juga oleh Kepala Distrik Angkaisera, M Tahir, Kasst Pol PP serta warga di Kampung Mananayang.

(Foto dan Video : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *