Kunjungan Kerja di Kepulauan Yapen, Stafsus Presiden Ajak Generasi Milenial Berwirausaha

Reporter : Robby Mesak

Serui – Staf Khusus (Stafsus Milenial) Presiden RI, Gracia Billy Yosaphat Mambrasar melakukan kunjungan kerja ke Papua, Kabupaten Kepulauan Yapen yang lebih tepatnya lampung halamannya, Sabtu 12/12/2020.

Kedatangan stafsus ini disambut baik oleh pemerintah daerah, dimana pertemuan antara Billy dan Pemerintah Daerah berlangsung di gedung Silas Papare, Serui yang dihadiri langsung oleh Bupati Tonny Tesar, S.Sos, Asisten II Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen, Gokman Simbolon,  Asisten III Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Tania sejumlah pimpinan OPD, KAP, tokoh Pemuda, tokoh Agama, tokoh Perempuan serta masyarakat.

Dalam kesempatan wawancara kepada Humas, Stafsus Billy mengatakan bahwa ini merupakan pertemuan regular yang biasanya Ia lakukan ketika berkunjung ke Kepulauan Yapen, yaitu melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah dan Masyarakat.

Untuk diketahui dari hasil pertemuan dirinya dan Pemkab Kepulauan Yapen pada beberapa waktu lalu, telah lahir 11 poin aspirasi dan Ia juga melaporkan bahwa aspirasi tersebut telah diteruskan ke semua kementerian, lembaga dan institusi terkait dan beberapa seperti yang telah disampaikan oleh Bupati Kepulauan Yapen telah direspon juga ditindaklanjuti dengan baik dan saat ini sedang dalam progres. Ungkapnya.

Billy juga menyampaikan bahwa untuk diskusi pada hari ini melahirkan 8 poin masukan yang baru dan 8 poin tersebut kemudian akan ia tindaklanjuti juga, sehingga pertemuan ini bukan yang pertama dan terakhir, namun pertemuan ini akan terus berlanjut dan yang paling utama adalah menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, jelasnya. Ia juga mengungkapkan harapannya dimana sebagai anak dari Kepulauan Yapen yang telah berkiprah di level nasional dan telah berkontribusi untuk kabupaten dan provinsi lain, maka sudah menjadi kewajiban untuk berkontribusi bagi Kabupaten Kepulauan Yapen khususnya dan provinsi Papua umumnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos, menjelaskan bahwa hari ini kami mendapat kunjungan dari tamu kehormatan Staf Khusus Milenial Presiden, Billy Mambrasar, yang kita tahu bersama bahwa Billy merupakan seorang pemuda yang berasal dari kepulauan Yapen ini. Bupati juga menjelaskan bahwa, dalam pertemuan ini membicarakan tentang pembangunan generasi Muda Papua yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen, agar bisa sama-sama bekerja dengan kemampuan yang ada, sebagai seorang milenialis. Ia juga mengatakan bahwa, sosok seperti Billy ini adalah sosok seorang pemuda yang mempunyai kemampuan pemikiran yang luar biasa untuk membangkitkan anak-anak muda untuk bisa berupaya secara mandiri, sehingga tidak harus menjadi pegawai negeri tapi bisa berupaya dengan sumber daya alam yang ada, Ini satu inspirasi motivasi yang sangat baik.

Bupati sampaikan bahwa pertemuan ini juga menyampaikan update tentang bagaimana masukan-masukan yang sudah kita sampaikan 11 poin yang pernah kita bahas pada beberapa waktu lalu, terkait bagaimana percepatan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Yapen dan juga bagaimana langkah-langkah selanjutnya dalam pelaksanaan penanganan otonomi khusus di Papua. Ini semua ternyata sudah terakomodir dalam Inpres nomor pasal 9, Tahun 2020 tentang percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat. Ia juga mengatakan bahwa semua usulan ini sudah masuk dan hal ini dikarenakan dalam penyusunan Renstra Percepatan Pembangunan di wilayah Saireri, pembangunan di Kepulauan Yapen ini termasuk berbasiskan adat, dimana diantaranya tentang pengembangan pariwisata yang ada yang terpadu dengan Sail Cendrawasih yang akan kita kembangkan, kemudian pengembangan sektor pertanian kita, komoditas unggulan kita coklat dan kopi. Bupati Tonny menjelaskan bahwa pada Bidang Pariwisata dan Perikanan ini merupakan dua bidang sektor unggulan dalam posisi RPJP, yang menjadi Primadona Kabupaten Kepulauan Yapen, sehingga benar-benar harus didorong sebagai daerah di wilayah Teluk cendrawasih.

Oleh karena itu ia meminta bantuan dukungan untuk bagaimana bisa mendapatkan program dari pemulihan ekonomi nasional (PEN) kita akan diberikan pinjaman tanpa bunga untuk bagaimana kita kembangkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, pada sektor pariwisata kita bangun Teluk Manabay yang selama ini sudah kita targetkan untuk menjadi salah satu destinasi kelas dunia, dan juga christian center dan monument kasih Serui Laut untuk wisata religi. Selain itu juga untuk peningkatan sumber daya manusia, akan dibangun Universitas terbaik di wilayah Teluk Cendrawasih ini, kemudian juga mengarahkan anak-anak muda kita masuk dalam sektor keuangan bukan bank, yang bisa kita bangkitkan sehingga menjadi pegawai negeri tidak lagi menjadi pilihan satu-satunya dan juga pengembangan usaha pada sektor perikanan akan lebih mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Kepulauan Yapen, dan semua ini perlu dilakukan agar tercapai kabupaten Kepulauan Yapen yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahtera.

(Foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *