Kesbangpol Kepulauan Yapen Gelar Kegiatan Kemitraan Pemerintah Daerah dengan Partai Politik

Reporter Robby Mesak

Serui – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kepulauan Yapen menggelar Kegiatan Program Pendidikan Politik Masyarakat antara Pemerintah Daerah dan Partai Politik, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan fasilitasi kemitraan Partai Politik.

Kegiatan yang digelar Rabu, 18/11/2020, di gedung Silas Papare Serui ini diikuti 16 Partai Politik, Polres Kepulauan Yapen, Kodim 1709 Yawa dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya mewakili pemerintah daerah Gokman Simbolon, SH selaku Asisten II Setda Kepulauan Yapen mengatakan, untuk menyikapi positif kegiatan pada hari Ini sebagai wujud nyata kehadiran pemerintah dalam rangka menjalin silahturahmi serta menjaga hubungan kemitraan antara Pemerintah bersama lembaga dan institusi terkait, serta partai politik di daerah, sekaligus menjadi media strategis untuk menyatukan berbagai hal yang menjadi keluh kesah dan kendala pada tahun-tahun Politik.

Oleh sebab itu, maka pemerintah daerah melalui badan kesbangpol memandang perlu untuk memfasilitasi lembaga dan partai politik untuk duduk bersama dalam rangka meningkatkan komunikasi dan memperkuat pemahaman yang terkait dengan tugas masing-masing lembaga dan institusi, sehingga kita harapkan, pada pelaksanaan pemilu, baik itu legislatif, presiden dan pilkada, dapat berjalan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Disamping itu Kepala Badan Kesbangpol, Sonny A. Woria, S.Pd. MT.,  menambahkan hari ini kami dari Kesbangpol terkait tugas dan tanggungjawab dalam rangka pembinaan partai politik, serta juga kegiatan hari ini kami isi dengan materi dan himbauan dari pemerintah daerah terhadap keberadaan partai politik, peran tugas dan tanggungjawab mereka dalam penyelenggaraan pemerintahan selain itu ada juga materi dari Kesbangpol tentang pemendagri No. 36 Tahun 2018 tetang tata cara penggunaan dana parpol dan juga materi sekaligus himbauan dari Kamtibmas.

Kami berharap kegiatan hari ini akan memberikan informasi penting bagi parpol terhadap peran dan tugas mereka, terutama terkait dengan pemanfaatan dan penggunaan dana yang dihibahkan dari pemerintah daerah kepada parpol, dalam hal peningkatan kapasitas dan kinerja parpol di pemerintah kabupaten Kepulauan Yapen. Itulah tujuan utama untuk menyikapi bagaimana tugas parpol kedepannya.

(Foto/ Vidio : VJ Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *