Tinjau Jembatan Merbuai Kampung Duai, ini langkah-langkah yang akan dilakukan Bupati

Reporter : Andrew Woria

Duai – Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos melakukan pemantauan kembali pembangunan jalan dari ruas sebelah timur kepulauan Yapen yaitu dari ruas Dawai, pasir panjang wodawasma. Ketika di temui usai melakukan pengukuran kembali jembatan merbuai di kampung duai distrik yapen timur pada hari senin 16 November 2020 Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos mengakui bahwa jembatan dan jalanan tersebut memang sudah dibangun Pemerintah namun sampai saat ini belum baik, dan belum permanen. Sehingga masyarakat sangat sulit untuk mengakses jalan tersebut. Dijelaskan Bupati bahwa setelah penetapan APBD perubahan tahun 2020, Pemerintah Daerah telah memasukkan alokasi Dana untuk Pembangunan Jembatan Merbuai, karena jembatan tersebut vital walau saat ini telah dibuat swadaya oleh masyarakat namun belum aman dan permanen sehingga ia harus melihat secara langsung yang kemudian akan dilanjutkan dengan proses pelelangan untuk segera dikerjakan tuturnya.

Ia pun berharap di tahap pertama nantinya pembangunan 2 agritmen dan pembongkaran jembatan yang direncanakan diambil dari jembatan kali buaya serta merupakan hibah dari Balai Provinsi kurang lebih 40 Meter, akan segera diselesaikan tahap pertamanya. Sementara untuk tahap kedua nya akan diselesaikan pada 2021 sehingga bisa berfungsi sebagaimana yang diharapkan ujarnya.

Sementara jembatan lain yang menjadi hambatan adalah lokasi jembatan di siriwi yang dekat dengan kampung wansma Distrik Raimbawi. Jembatan sepanjang 20 Meter tersebut sudah rusak dan ingin diperbaiki namun akan dimasukan di Tahun anggaran 2021, yaitu dengan jabatan belli yang diambil dari jembatan ruas serui – mewani. Salah satu jembatan yang mendapat perhatian Bupati Tonny adalah jembatan dari ruas Pasir Panjang ke arah Kampung Nunsyari yaitu jembatan Sorowai. Jembatan tersebut menjadi perhatian pemerintah daerah karena berpotensi banjir ujarnya.

Terkait peminjaman daerah kepada PT.SMI, ditambahkan Bupati Bahwa akan dilakukan peningkatan jalan mulai dari Dawai – Pasir Panjang – woda, ia pun berharap dengan dilakukan peningkatan jalan nantinya, maka hambatan yang dialami oleh masyarakat nanti nya bisa diatasi lebih baik lagi. Dirinya juga meminta ada dukungan dari masyarakat setempat agar dapat mendukung peluasan pekerjaan ini dapat seleai. Tuturnya.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *