Reporter : Robby Mesak

Serui – Plh. Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Erny Tania, S.IP menghadiri kegiatan penting yang digelar oleh tim Indonesia Mengajar angkatan 4 Kabupaten Kepulauan Yapen yaitu kegiatan “capacity building” atau membangun kapasitas penggerak pendidikan, dengan tema belajar asyik bergerak serentak, bertempat di gedung Silas Papare Serui, Kamis, 29 Oktober 2020.

Dalam Sambutan Plh. Sekda, Erny Tania, S.IP, atas nama pemerintah daerah saya apresiasi kepada tim Indonesia mengajar atas kegiatan pada hari ini, sebagai bentuk perhatian dan dukungan terhadap pengembangan kualitas SDM penggerak pendidikan di Kepulauan Yapen, khususnya yang terwadahi dalam berbagai komunitas di tengah masyarakat, yang sejauh ini dinilai telah cukup kontributif dalam membantu kita menggerakkan jalannya roda pendidikan di Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Melalui kegiatan capacity building yang bertemakan belajar asyik bergerak serentak ini, Bapa, Ibu, Saudara, selaku peserta tentunya selain akan memperoleh bekal pengetahuan berupa metode dan teknik pengajaran yang lebih kreatif inovatif dan menyenangkan, tapi juga bekal berupa kiat-kiat serta motivasi agar tumbuh rasa percaya diri serta sukarela untuk mengajar demi satu tujuan mulia yaitu mencerdaskan generasi masa depan bangsa, mencerdaskan Generasi masa depan Kabupaten Kepulauan Yapen” Ucapnya.

Erny Tania, berpesan ikuti kegiatan ini dengan baik dan jangan ragu untuk bertanya, sebab disinilah kesempatan untuk mengembangkan kompetensi mengajar yang dimiliki sehingga bisa benar-benar tampil sebagai pahlawan sejati tanpa tanda jasa.

Dirinya, mengajak kita semua selaku pemerhati dan penggerak pendidikan di daerah ini, baik itu pendidikan formal maupun nonformal untuk mari bersama-sama, kita fokuskan perhatian kita terhadap kelangsungan Pendidikan Kabupaten Kepulauan Yapen di tengah pandemi covid-19 ini.

Ada kebersamaan dan sinergitas yang terbangun begitu juga ada solusi dan terobosan terbaik, yang dilakukan agar Pendidikan Kabupaten Kepulauan Yapen tetap terkoordinir dengan baik, serta berjalan secara berkualitas meskipun diperhadapkan dengan situasi pandemi covid-19. Ucapnya.

Sementara itu Ridha selaku Guru Indonesia Mengajar menyampaikan tujuan dari kegiatan “capacity building” atau membangun kapasitas  penggerak pendidikan dengan tema belajar asyik bergerak serentak ini,  agar metode dan teknik pengajaran yang lebih kreatif inovatif dan menyenangkan.

Ini jadi katalisator/ penyemangat  bagi teman-teman penggerak kembali bergerak seperti sebelum pandemi, membuat kegiatan-kegiatan yang berkaitan untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kelas Inspirasi, Yayasan Panti Asuhan Lahai Roi, Yayasan Kitong bisa, Papua Hey, STKIP Surya dan juga para narasumber-narasumber hebat.

(Foto/Vidio : Robby Mesak)