Pemerintah Kampung dan masyarakat dukung verifikasi honorer yang dilakukan oleh Pemkab. Kep. Yapen

Reporter : C.R.I

Raimbawi – Kembali pada kamis, 08 Oktober 2020 tim Verifikasi Honorer di bawah pimpinan Staff Ahli Bupati Kab. Kep. Yapen, Deky Rayar, dimana sesuai dengan perintah Bupati Kepulauan Yapen, 5 tim verifikasi honorer ini dibentuk dan di kirim ke berbagai wilayah di Kabupaten Kepulauan Yapen, guna memastikan keberadaan dan keaktifan para honorer di wilayah tugas masing-masing.

Kali ini tim tersebut mengawali Verifikasi Faktualnya mulai dari Woda, Wansma, Sawendui dan Paparu yang dipusatkan di Woda, dimana pada saat itu, perwakilan dari beberapa kampung ini yaitu pemerintah kampung dan masyarakat juga terpantau turut hadir Tokoh Pemuda Kab. Kep. Yapen, Milka Runaweri, yang pada saat itu sedang berada di Woda guna bergotongroyong merenovasi sebuah rumah ibadah. Verifikasi Honorer ini dilakukan lewat wawancara langsung kepada masyarakat, dimana pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan lebih difokuskan kepada keberadaan dan keaktifan para honorer tersebut.

Hal ini disambut baik oleh pemerintah kampung dimana Paulinus Yenteriri selaku Bamuskam Sawendui mengatakan bahwa Verifikasi yang dilakukan oleh Pemkab Kep. Yapen adalah sesuatu yang baik menurutnya dan seharusnya seperti itu, guna membuktikan apakah betul para honorer yang telah terdaftar tersebut sudah menjalankan tugasnya di kampung tersebut atau kah tidak. Hal ini terbukti menurutnya saat di wawancarai oleh tim terkait nama-nama para honorer yang ditanyakan, jangan kan berada di tempat tugas, mengenali beberapa nama para honorer yang seharusnya berada di kampung tersebut saja tidak. Hal tersebut ditanggapi langsung oleh ketua tim verifikasi honorer wilayah timur Pulau Yapen, staff Ahli Bupati, Deky Rayar menyampaikan bahwa hal ini lah yang di inginkan oleh Pemerintah Kab. Kepualaun Yapen yaitu kepastian akan ada tidaknya para honorer yang telah ditugaskan ke wilayahnya masing, untuk itu dirinya mengucapkan terimakasih kepada para narasumber dan laporan verifikasi honorer ini kemudian akan disampaikan langsung kepada Bupati Kepulauan Yapen.

Selepas wawancara bersama pemerintah kampung dan masyarakat dari beberapa kampung yang berpusat di Woda, tim kemudian melanjutkan perjalananya menuju kampung Waindu, kampung Andei, kampung Barawai hingga yang terakhir di kampung Kaipuri. Sebelumnya tim berencana untuk juga mengunjungi distrik Kep. Kurudu namun karena terkendala kondisi alam yang tidak memungkinkan, sehingga tim mengurungkan niatnya ke Kurudu.

(Foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *