Serui – Peringatan hari Perhubungan nasional yang jatuh pada tanggal 17 September tahun 2020 di Kabupaten Kepulauan Yapen berlangsung lewat apel yang dilaksanakan di di depan lokasi terminal penumpang pasar aroro iroro Serui. kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar serta sejumlah pejabat di antaranya nya inspektorat kepulauan Yapen Kepala Dinas perindustrian perdagangan dan koperasi kepulauan Yapen kepala dinas ketahanan pangan Kabupaten Kepulauan Yapen, Kepala Dinas Perhubungan serta pejabat otoritas dari pelabuhan laut Serui serta kepala bandara Stevanus rumbewas.

Pada momen ini, Bupati Tonny Tesar menyampaikan bahwa situasi pandemi covid 19 sedang melanda seluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Kepulauan Yapen dan diketahui bahwa penyebaran virus covit ini adalah dari manusia ke manusia melalui droplet dan salah satu membuat penyebaran ini adalah perpindahan penduduk atau pergeseran penduduk dari satu tempat ke tempat lain dan ini tentunya selalu menggunakan alat transportasi baik transportasi laut baik transportasi darat maupun udara oleh karena itu sebagai insan perhubungan di saat pandemi covid ini, sangat berperan penting sekali dalam hal untuk bagaimana mencegah memutus mata rantai penyebab penyebaran covid 19.

” kita Kabupaten Kepulauan Yapen telah bekerja dengan sungguh-sungguh dan berhasil. itu karena dukungan yang luar biasa dari insan keluarga besar dinas atau keluarga besar Perhubungan baik dari Dinas Perhubungan kabupaten, dari kepala pelabuhan, dari kepala bandara dan seluruh usaha atau pemilik usaha dari Perhubungan ini . oleh karena itu pada kesempatan di hari ulang tahun ini yang ke 74 atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan keluarga besar Perhubungan atas kerja keras, kerjasamanya yang baik sehingga Kabupaten Kepulauan Yapen sampai dengan saat ini masih terkendali dengan penyebaran virus covid-19 ini ” ujarnya.

Bupati Tonny Menejelaskan bahwa walaupun hari ini masih ada penderita atau pasien covid-19 di Kabupaten Kepulauan Yapen yang tercatat sampai dengan hari kemarin masih dirawat sebanyak 34 orang dari total 60 orang yang positif covid 19 di Kabupaten Kepulauan Yapen. Ia mengajak agar sebagai masyarakat kita harus bersyukur bahwa dari 60 orang ini 26 orang telah sembuh Dan saat ini mereka yang sakit 34 orang sedang dirawat dan ini merupakan tantangan semua terutama keluarga besar Perhubungan yang paling depan untuk mencegah pergeseran orang.

Ia juga mengajak kepada semua insan Perhubungan untuk terus bekerja sama bahu-membahu bergotong-royong dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk melindungi masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen, serta mencegah penyebaran virus, bukan saja dari luar tetapi didalam melaksanakan tugas di kantor, di masyarakat umum, dan juga di dalam keluarga.

“Marilah sama-sama kita melaksanakan protokol kesehatan untuk melindungi diri kita melindungi keluarga kita melindungi masyarakat kita dari penyebaran virus atau penyebaran pandemi virus Corona di Kabupaten Kepulauan Yapen ini? saya percaya kita semua dengan kesadaran yang penuh tanggung jawab kita semua, maka diri kita akan sehat, keluarga kita akan sehat dan kabupaten kita ini tetap melaksanakan semua kegiatan aktivitas ekonominya. kita bisa bekerja produktif dengan situasi pandemi covid 19 ini dan juga kita tetap sehat dalam kehidupan kita sehari-hari.” Ujarnya

Usai menyampaikan sambutannya pada momen peringatan hari ulang tahun Perhubungan ke 74 tahun ini di kota Serui sendiri dilaksanakan pembagian masker kepada ada-ada masyarakat yang melintas di lokasi depan terminal penumpang aroro iroro Serui.

(Foto dan video : Andrew Woria)