PMI lakukan pengecekan Darah dan VCT, ini tanggapan Bupati Tonny Tesar.

Reporter : Robby Mesak

Serui – Bupati Tonny Tesar menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Palang Merah Indonesia Cabang Serui atas kinerja dan sosialisasi kepada masyarakat. hal ini disampaikan nya usai mengikuti kegiatan jalan sehat pada sabtu lalu, pada 5/09/2020.

” Pemerintah Daerah merasa bersyukur karena PMI Kabupaten Kepulauan Yapen, dalam melaksanakan program kerja nya telah mendukung program pemerintah. salah satunya melalui KTP yang menjelaskan tentang golongan darah, sehingga dengan momen jalan sehat pada sabtu lalu, PMI Cabang Kepulauan Yapen melakukan kegiatan pemeriksaan darah dan mensosialisasikan PMI kepada masyarakat. ” tuturnya

dalam pemeriksaan tersebut juga dilakukan pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan HIV, ia berharap dengan semangat yang ada, bisa dilakukan pengecekan secara dini, serta mendeteksi penyakit menular yang ada di kabupaten kepulauan yapen. selain itu PMI juga di dorong untuk dapat menyediakan darah sebagai bank darah di kabupaten kepulauan yapen. bupati juga berharap agar PMI akan tetap menjadi Pusat Donor Darah bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sementara itu PMI Cabang Kepulauan Yapen juga telah mendorong pemerintah daerah untuk membantu menyediakan bank darah, ditanggapi juga oleh bupati Tonny, yang menjelaskan bahwa hal ini akan terus dilakukan kerja sama antara pemerintah daerah melalui RSUD Serui, untuk menyediakan bank darah dengan satu syarat utama yaitu harus memiliki tenaga ahli khusus, PMI diharapkan dapat menyekolahkan seorang untuk menjadi tenaga analis tersebut sehingga jika sudah memiliki tenaga ahli tersebut maka pemerintah daerah melalui RSUD akan mendorong fasilitas lain sebagaimana yang disampaikan adalah bank darah ujar Bupati.

(Foto & video : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *