Tekan angka penyebaran HIV/ AIDS dan TBC, komunitas YABAPHA lakukan sosialisasi di Pantura.

Reporter : VJ Polanunu

Serui – Komunitas Yapen Bangkit Peduli HIV/AIDS ( Yabapha ) melakukan sosialisasi tentang penularan penyakit HIV/AIDS dan juga TBC, pada masyarakat di 3 kampung yg berada yaitu kampung Tindaret, Kiriyow, Doreimanina, di Pantura ( pantai utara ). Kegiatan yang di lakukan di Balai kampung Tindaret, di hadiri oleh perwakilan dari Dinas kesehatan dan KPA. Dalam kegiatan tersebut Yabapha juga di bantu oleh para petugas medis dari Pustu Setempat dan juga para kepala kampung. (Sabtu, 22/08/20)

Yason Merani, selaku kepala kampung Kiriyow menjelaskan bahwa dirinya mewakili 3 kepala kampung yang masyarakatnya turut hadir dalam kegiatan dari komunitas Yabapha, dirinya bersyukur dengan kehadiran Komunitas Yabapha dari kabupaten, yang sudah bisa membantu masyarakat untuk menekan angka penyebaran penyakit HIV/AIDS dari 3 kampung tersebut.

“Kami dari 3 kepala kampung merespon hal ini secara baik, agar kedepannya kami dari 3 kampung ini, bisa di perhatikan lebih baik lagi dari kabupaten tentang penangganan TBC dan HIV/AIDS, di antara 3 kampung ini.”


Dalam kegiatan tersebut komunitas Yabapha tak hanya melakukan Sosialisasi tentang penularan penyakit HIV/AIDS kepada Masyarakat, akan tetapi juga Komunitas Yabapha mempraktekan bagaimana cara mencuci tangan yang benar, dengan metode cuci tangan 6 langkah kepada masyarakat sebelum atau sesudah melakukan kegiatan, sebelum menutup kegiatan tersebut, komunitas Yabapha juga menyerahkan bama dan Uang Tunai kepada Odha yang menjadi tanggung jawab dari komunitas di kampung tersebut.

Ade S. Yawan selaku PJ TBC Dinkes Bidang P2P, berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi yang di lakukan komunitas Yabapha, masyarakat di kampung Tindaret dan kampung lainnya yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, dapat memahami betul apa yang di maksud  dengan Penyakit TBC, HIV/AIDS, IMS bagaimana penularan penyakitnya serta pengobatan penyakit itu sendri.

(Foto : VJ Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *