Di Yapen, selama 2 hari terakhir, ada tambahan 8 pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen kembali mengupdate perkembangan kasus covid-19 di Yapen, hingga pukul 23.59 minggu, 26/07/2020.

Dalam keterangan Pers kepada media, Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar menyampaikan bahwa jumlah total kumulatif di Kepulauan Yapen saat ini adalah 23 kasus, yang mana terjadi penambahan kasus di dua hari terakhir ini, sebanyak 8 pasien. Namun ia membenarkan bahwa jumlah kesembuhan di Kepulauan Yapen meningkat.

“Dari 23 pasien yang terkonfirmasi Covid-19 ini, sudah sembuh 14 orang dan kita bersyukur. Namun masih ada sampai dengan hari ini, 9 orang yang masih terpapar dan terkonfirmasi positif covid-19” ungkapnya.

Bupati menjelaskan bahwa ada tambahan 2 pasien baru, atas nama ibu Maria Aurai, (72) di kampung Kainui 2 Distrik Angkaisera, pasien diketahui melakukan perjalanan dari Jayapura pada 09 juli 2020 lalu, menggunakan KM. Labobar, selain itu ada seorang anak atas nama Rifky (13) beralamat di Kampung Yapan, Distrik Anotaurei yang datang dari Makassar dengan KM. Dobonsolo pada 08 juli 2020 lalu. Selain itu, Bupati Tony Tesar juga menjelaskan bahwa sebelumnya pada tanggal 24 lalu, ada 2 yang terkonfirmasi positif covid-19, yaitu Ibu Samsurya beralamat di kampung Yapan, Distrik Anotaurei yang merupakan kerabat/ keluarga dari Rifky, serta ada pasien positif dari Klaster Makassar atas nama Zainal yang datang juga pada 08 Juli 2020 lalu, bersama Bpk. Abdul Rauf. Dijelaskan Bupati bahwa istri dari Bpk. Abdul Rauf, Ibu Hamira bersama Hairati anak perempuannya, telah dilakukan Swab dan hasil menunjukan terkonfirmasi positif covid-19. Sehingga jumlah total tambahan ini adalah 8 pasien. Sementara yang terakhir tadi adalah pdt. Moses Waimuri, yang datang dari Jakarta menggunakan kapal KM. Dobonsolo, beliau dua kali melakukan perjalan jalur darat ke Dawai, Yapen Timur, tanggal 20 lalu, ia sempat mengeluh dengan kesehatan dan hingga tadi terkonfirmasi positif covid-19. Walaupun bergejala namun Bupati memastikan bahwa pasien telah tertangani dengan baik.

Bupati Tony Juga berharap dari 8 pasien yang saat ini dirawat, 2 diantaranya telah menunjukan gejala, namun ia berharap para pasien dapat melaksanakan terapi dengan baik dan bisa sembuh. Selain itu, Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang ada dikota Serui dan sekitarnya untuk tetap harus waspada, dan jangan menganggap remeh pandemi covid-19 ini. Hal ini juga dapat dilihat dari penambahan kasus yang terjadi di tanah air tuturnya.

“ saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat dikabupaten Kepulauan Yapen, untuk marilah melaksanakan protokol kesehatan penanganan covid-19 ini dengan baik. Yang pertama kalau tidak terlalu perlu, jangan keluar rumah. Kedua , jaga jarak, minimal satu sampai dua meter, jika berpergian keluar rumah harus selalu gunakan masker, serta rajin mencuci tangan di air yang mengalir.” tuturnya.

(Foto : C.R.I)

Leave a Reply