Dalam Protokol Kesehatan, bandara Stevanus Rumbewas kembali beroperasi

Reporter : Andrew Woria

Kamanap – Bandar Udara Stevanus Rumbewas Kamanap mulai beraktivitas, dimana dengan membuka penerbangan pada senin, 29 Juni 2020. Dari pantauan langsung di bandara, bersama Cluster kesehatan gugus tugas covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolis Tanawani membenarkan hal ini.

“Puji Tuhan, hari ini senin 29/06/2020 sudah mulai dilayani penerbangan awal yang kembali normal,”ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen ini juga menjelaskan bahwa, dari pantauan langsung ada 5 penumpang yang datang dari Jayapura menggunakan pesawat Trigana Airline. Yang dilanjutkan ke Biak dan kembali ke sini dengan membawa 15 orang penumpang. Sementara ada sebanyak 20 orang penumpang yang keluar dari Serui menuju ke Jayapura. Dimana protap kesehatan telah diberlakukan di bandara, untuk orang-orang pelaku perjalanan,
secara khusus dengan mengecek surat kesehatan, dimana ditemukan sejumlah penumpang telah melakukan rapid test dari daerah asal masing-masing, sehingga para penumpang ini akan didata dan kemudian akan dilakukan rapid test untuk 14 hari kemudian. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona dari luar Kabupaten Kepulauan Yapen, masuk kedalam.

Sementara ditambahkan oleh Kepala Bandara Stevanus Rumbewas Kamanap, bahwa aktivitas bandara kembali dibuka sesuai dengan hasil keputusan rapat bersama Sekda Kepulauan Yapen. Untuk menggunakan transportasi udara ini cukup ketat karena melalui tahapan-tahapan pemeriksaan, yaitu dengan menunjukkan KTP serta menunjukkan surat kesehatan bebas covid-19, berdasarkan pemeriksaan rapid test ataupun swab dan selanjutnya menunjukkan kartu kesehatan dari karantina dan pengurus, serta menunjukkan surat keterangan dari gugus tugas Kabupaten setempat.

Sementara seorang warga asal kota Jayapura yang telah tinggal selama 4 bulan di kota Serui mengungkapkan bahwa, ia sangat bersyukur karena pemerintah daerah boleh membuka akses transportasi udara.

(Foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply