Akibat kelelahan, seorang relawan petugas kesehatan pingsan saat pemeriksaan 206 pelaku perjalanan dari Jayapura.

Reporter : VJ Polanunu

Serui – Sabtu, 27 Juni 2020 Seorang Petugas Kesehatan dari Klaster Medis Kab. Kepulauan Yapen, jatuh pinsan dan tak  sadarkan diri di pelabuhan saat melakukan pemeriksaan dokumen dan Rapid Test, kepada 206 Pelaku Perjalanan dari Jayapura menggunakan KM. Sabuk Nusantara 100, yang tiba pada Pukul 18.00Wit, pada sabtu, 27/06/2020.

Selaku Kepala dinas Kesehatan menjelaskan bahwa, kebanyakan dari petugas analis kesehatan dan surveilans yang tergabung dalam Tim Klaster Medis Penanggulangan Covid-19, bukan dari jajaran ASN, namun merupakan relawan yang mempunyai kelebihan sebagai seorang analis kesehatan dan survelans, mereka dengan sukarela ingin membantu dan menjadi bagian dari tim klaster medis.

Karolis Tanawani menjelaskan bahwa penyebab pingsan salah satu petugas kesehatan di pelabuhan tersebut, disebabkan faktor kelelahan saat bekerja, namun dengan penanganan yang cepat, petugas analis kesehatan tersebut langsung di bawa ke UGD RSUD Serui untuk segera mendapat penanganan medis.

“Satu yang tadi sudah kita kirim ke UGD adalah salah satu anggota kita yang sama – sama berjuang mulai dari tanggal 19 maret 2020 sampai hari ini dan mereka itu bukanlah ASN, hanya keterpanggilan jiwa saja dengan adanya pandemi ini, mereka mau datang untuk membantu kami. Mereka sudah bersama – sama dengan kami berjuang agar bagaimana mengamankan kota ini agar tetap aman dari penyebaran covid-19 ” tutupnya.

(Foto : VJ Polanunu)

Leave a Reply