Masyarakat Kepulauan Yapen yang hendak pulang, diharapkan secara bertahap jumlahnya.

Reporter : VJ Polanunu

Serui – Gugus Penanganan Covid-19 Kepulauan Yapen lakukan rapat, dalam rangka mempersiapkan pembukaan akses bandara dan persiapan penanganan kedatangan 110 masyarakat Kepulauan Yapen dari Jayapura menggunakan km. Sabuk Nusantara tujuan Waropen dan Serui, (26/06/2020).

Rapat tersebut di pimpin oleh Sekda Kepulauan Yapen, Ir. Alexsander Nussy, MM dan di hadiri oleh para asisten Setda, Kadinkes, Kadis. Perhubungan, Kapala Pelni Serui, Kepala Pelabuhan (syahbandar), kadis. Kominfo, Kabag. Ops Polres Kepulauan Yapen, Kp3 Laut, Pasi Intel TNI, Danpol TNI AU, Danton Kompi E753, Kepala Bandara dan perwakilan maskapai Trigana Air.

Ir. Alexsander Nussy, MM selaku Sekda Kepulauan Yapen yang memimpin rapat tersebut menjelaskan bahwa, rapat ini dalam rangka relaksasi pembukaan aktivitas Bandara dan juga pelabuhan laut sebagai langkah menuju New Normal Life yang akan dilakukan.

Menurut Ir. Alexander Nussy, MM. sesuai dengan surat edaran Bupati dimana tidak adanya larangan masyarakat Kepulauan Yapen untuk pulang setelah sekian lama terjebak di luar karena lockdown demi pencegahan penyebaran virus Covid-19, namun pemulangan masyarakat Kepulauan Yapen ini perlu dilakukan dengan cara bertahap, dalam jumlah yang sudah di tentukan oleh pemerintah daerah karena keterbatasan faskes.

” Sesuai surat edaran Bupati bahwa kita tidak melarang masyarakat Serui yang oleh karena Lockdown di luar Serui atau tepatnya di Jayapura untuk pulang, kita tetap ingin mereka pulang, namun dengan harapan pemulangan mereka dapat dilakukan secara bertahap “

Alexander Nussy juga berharap hal ini di lakukan agar tidak ada lagi penambahan Kasus Covid-19 di Kepulauan Yapen, demi menjaga masyarakat agar tetap merasa tenang dalam menjalani aktivitas, tidak panik dan menjalankan pola hidup sehat.

Sementara itu terkait pembukaan aktifitas bandara Kamanap, Alexander Nussy menjelaskan bahwa dalam rapat tersebut direncanakan pada tanggal 29 juni 2020, maskapai Trigana Air  dengan rute Jayapura – Serui dan Serui – Biak, akan segera beroperasi kembali, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Kalau tidak ada halangan, tanggal 29 nanti Trigana Air sudah bisa beroperasi” tutupnya.

(Foto : Robby Mesak)

Leave a Reply