1 Kasus Positif covid-19 di Kabupaten Waropen, Pemkab. Yapen akan memperketat akses masuk ke Kepulauan Yapen.

(Jumpa pers resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen).

Reporter : Andrew Woria

Serui – Klaster Kesehatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen pada hari senin, 25 Mei 2020 menggelar Konfrensi Pers terkait Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Juru bicara covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen, dr. Andy Raya menjelaskan bahwa Klaster Kesehatan telah melakukan pengambilan dan pemeriksaan swab kepada 7 sampel yang diambil dari Kabupaten Waropen. Salah satu dipastikan positif covid-19 melalui hasil uji TCM pada laboratorium RSUD Serui.

Kadis Kesehatan Kepulauan Yapen, Karolus Tanawani juga menambahkan bahwa hingga kini Kabupaten Kepulauan Yapen, masih berada pada posisi Zona Hijau, sehingga untuk kasus positif di kabupaten Waropen, pemerintah daerah akan memperketat akses masuk dari kabupaten Waropen.

“Kita dikabupaten Kepulauan Yapen, baik OTG, ODP, PDP sampai saat ini masih Nol. Kaitannya dengan pemeriksaan TCM di rumah sakit umum daerah Serui, yang informasinya beredar luas bahwa ada 1 orang yang positif, itu bukan dari kabupaten Kepulauan Yapen. Kemarin telah dilakukan screening dan swab kepada 9 orang di kabupaten Waropen, dan dari hasil swab dilanjutkan dengan TCM dan 1 orang dinyatakan positif.” ujar nya.

Dengan hasil positif ini, menurutnya Pemerintah Kabupaten Waropen harus sudah bisa menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baik mungkin, mengingat letak geografis Kabupaten Waropen sangat dekat dengan Kabupaten Kepulauan Yapen. Selain itu tim Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kepulauan Yapen akan memperketat orang yang keluar masuk dalam melakukan perjalanan dari kabupaten Waropen ke Kabupaten Kepulauan Yapen.

(Foto dan video : Vijay Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *