Sample 6 OTG Reaktif dikirim ke Jayapura, untuk uji banding.

Reporter : Andrew woria

Kamanap – Pesawat Jayasi dari Jayapura tiba di bandara Stevanus Rumbewas Kamanap, Kepulauan Yapen pada hari rabu, 13/05/2020. Di mana pada penerbangan kali ini mengangkut dan menurunkan sejumlah APD, BMHP obat-obatan termasuk rapid test tiba dengan selamat.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolus Tanawani ketika dikonfirmasi oleh humas. Selain mengangkut sejumlah alat pelindung diri pada penerbangan kali ini juga akan membawa 5 orang tenaga medis yang sebelumnya dikirim dari provinsi Papua guna melakukan pengambilan swab dan menggelar training serta menyeting penggunaan alat BSC dan TCM pada laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Serui akan kembali ke Jayapura.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen mewakili Bapak Bupati kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini tim gugus tugas yang telah memberikan bantuan baik itu bahan habis pakai, APD, obat-obatan bahkan tim teknis yang telah diutus datang” ungkapnya.

Sebelum terbang menuju Jayapura, tim juga berkesempatan untuk mengambil swab dari 6 orang OTG yang berdasarkan hasil rapid test diperoleh hasil reaktif. Swab ini akan dibawa dan diperiksa di Balitbangkes Jayapura guna uji banding hasil test swab. Sementara itu ketika ditemui oleh humas kepada Yamamoto Sasarai menjelaskan bahwa selama di Kabupaten Kepulauan Yapen timnya telah membangun komunikasi dengan Satgas covid Kepulauan Yapen serta diberikan kesempatan untuk bisa melakukan tracking dan melihat peralatan laboratorium yang akan digunakan oleh RSUD Serui, guna menegaskan diagnosa ungkapnya. Selama di Kabupaten Kepulauan Yapen tim dari Jayapura juga telah melaksanakan peningkatan kapasitas tenaga laboratorium.

(Foto : Vijay Polanunu)

Leave a Reply