Persiapan pengoperasian BSC dan TCM Level 5 untuk pendeteksian covid-19 di Kepulauan Yapen.

Reporter : C.R.I

Serui – Dalam rangka penanganan covid-19 di Kabupaten Kepulauan Yapen, pada Sabtu, 09/05/2020 tim Gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Kep. Yapen mengadakan pertemuan dengan Satgas Covid-19 Dinas Kesehatan Provinsi Papua pasca didatangkanya sejumlah peralatan medis di Serui baru-baru ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh dr. Johnny B. Abaa selaku dirut RSUD Serui, dirinya menyampaikan bahwa Bupati Kepulauan Yapen telah melengkapi RSUD Serui dengan beberapa peralatan medis yang telah tiba di Serui beberapa waktu lalu, untuk memudahkan pendeteksian covid-19 di Kab. Kepulauan Yapen, diantaranya BSC (Biolgycal Safety Cabinet) dimana alat tersebut merupakan alat yang sama dipakai di Jayapura dan di Jakarta, juga TCM (Tes Cepat Molekuler) yang saat ini sementara di instal dengan dituntun oleh Kemenkes untuk menaikan level tes, ke level 5 guna pemeriksaan virus, termasuk covid-19 diperiksa dengan alat ini.

dr. Ben juga menambahkan saat ini RSUD sedang dalam tahap rehabilitasi ruangan lab namun dirinya akan berupaya untuk swab sudah bisa dilaksanakan pada hari selasa, tentunya dengan petugas yang telah dilengkapi dengan APD level 3.

“Kita upayakan semaksimalkan mungkin untuk swab bisa kita running di hari selasa, tentu dengan APBD lengkap level 3 buat petugas kami, jadi apa yang sudah dibantu oleh Bapak Bupati, kita gunakan semaksimal mungkin untuk bisa memutuskan rantai penularan covid-19 di Kabupaten Kepulauan Yapen” ungkapnya. (Sabtu, 09/05/2020)

Sementara itu selaku Kepala seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular, Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Yamamoto Sasarai menyampaikan bahwa pertemuan hari ini merupakan pertemuan dimana dirinya bersama tim melaporkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu pengambilan sample dan telah dikirim ke Jayapura kemarin guna di lakukan tes swab dan saat ini sementara masih ditunggu hasil swabnya, juga dirinya menambahkan bahwa tim dari Dinkes Provinsi Papua telah menyiapkan beberapa skenario untuk tim penanganan covid-19 di Kepulauan Yapen.

Yamamoto juga berharap dengan telah dihadirkannya beberapa peralatan medis tersebut agar bisa segera di operasikan, karena alat ini akan sangat membantu.

(Foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *