Besok, 3 OTG di Serui akan diperiksa Swab dari Provinsi Papua.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Pesawat TNI – AU CN 235 dari Skadron Lanud. Manuhua Biak tiba di bandara Stefanus Rumbewas Serui, sekitar pukul 16.53 pada hari kamis, 07/05/2020. Pesawat ini mengangkut sejumlah barang yang terdiri dari alat kesehatan yang dikirim oleh Bupati Kepulauan Yapen dari Jakarta. Ketika dikonfirmasi kepada Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, S.IP membenarkan hal ini.

“Total barang yang dikirim dari bapak Bupati dari Jakarta adalah 11 koli yaitu 1 buah mesin BSC, Regent dan alat-alat kesehatan lainnya. juga ada alat Rapid Test sebanyak 2000 pcs” ungkapnya.

Barang-barang yang diturunkan untuk Kepulauan Yapen cukup banyak dan tidak semua turun, dikarenakan pesawat dari Biak menuju Jayapura, dilanjutkan menuju Merauke untuk mengangkut barang cukup banyak, dari Merauke lanjut ke Wamena, dan Nabire sehingga barang-barang alat kesehatan untuk Kepulauan Yapen, tidak bisa diangkut semua. Sisanya akan kembali diterbangkan ke Yapen pada hari Jumat, 08/05/2020. Erny menambahkan bahwa khusus barang RSUD sekitar 300 Kilo, bersama barang campuran lainnya seperti barang milik Bank Papua, Telkom, dan Sejumlah Alkes milik Pemerintah Daerah Kabupaten Waropen. Sementara masih ada 155 Koli dengan total mencapai 700 Kilo masih tertinggal dan akan diterbangkan besok pagi. Selain itu akan masuk juga pesawat Karafan yang membawa 5 orang tenaga medis dari Provinsi Papua, untuk melakukan pemeriksaan dan pengambilan Swab kepada 3 OTG yang saat ini telah dikarantina hampir 2 minggu. Tenaga medis ini akan tinggal beberapa hari guna memberikan pelatihan, menyeting alat BSC atau Tes Cepat Molekuler dan melanjutkan ke Kabupaten Waropen untuk pemeriksaan swab dan akan kembali ke Jayapura menggunakan pesawat yang sama, pada hari senin mendatang.

Sementara itu Direktur RSUD Serui dr. Jhonny B. Abaa, M.Kes menambahkan bahwa dengan adanya alat BSC ini dan mesin TCM 4 level yang dibantu oleh Kemenkes, walaupun RSUD Serui bukan merupakan salah satu rumah sakit rujukan, akan tetapi RSUD Serui sudah bisa memeriksakan Swab menggunakan perlatan tersebut. Direktur RSUD Serui juga berterima kasih kepada Bupati Kepulauan Yapen yang boleh memberikan bantuan dengan mengirim alat BSC dari Jakarta dan tiba dengan selamat di Kepulauan Yapen.

(Foto dan video : Robby Mesak, Vijay Polanunu & C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *