Disperindagkop dan UKM bersama Satgas Covid-19 gelar Operasi Pasar di Gudang distributor.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kepulauan Yapen melaksanakan operasi pasar/ pengecekan stok barang pada sejumlah gudang distributor dan pasar Aroror Iroro Serui.

Kegiatan ini berlangsung pada hari senin, 04/05/2020, dimana ketika ditemui oleh humas, kepada Kadis Perindagkop Kepulauan Yapen, Ir. Daniel Tandilangi , MM menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas perintah Bupati Kepulauan Yapen, untuk memantau ketersediaan stok sembako pada distributor dan pasar.

Dari temuannya di 8 gudang besar distributor, ada sejumlah bahan pokok yang ditemukan. Dikatakan Daniel bahwa warga tidak perlu khawatir dengan stok bahan pokok seperti gula, beras, minyak goreng dan dapat dipastikan pada distributor untuk barang saat ini tersedia. Hal yang sama juga untuk tepung terigu, telur, ditingkat distributor masih mempertahankan harga Rp.65.000/rak.

“Kita kunjungi 8 distributor, kita lihat stok sembako, terlihat persediaan cukup aman untuk beberapa bulan ke depan, gula, minyak goreng, sementara untuk mie goreng memang terbatas menurut distributor rata-rata mereka di jatah untuk mendatangkan. ” ungkap nya.

Ir. Daniel Tandilangi juga menjelaskan bahwa untuk harga telur lokal sendiri mengalami kenaikan, seperti di Serui Indah di jual Rp. 85.000/rak. Pihaknya dalam waktu dekat ini, akan bertemu kembali dengan pihak distributor untuk menentukan het (harga eceran tertinggi). Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Kepulauan Yapen, guna mengendalikan harga di pasaran sehingga warga bisa menjangkau harga beli dan melindungi distributor. Selain itu juga, jajarannya tetap akan menjaga serta akan mendorong distributor untuk memperhatikan kestabilan ketersediaan barang

“Kami dari Dinas Perindag. dan UKM Kabupaten Kepulauan Yapen baik secara rutinitas baik dari dinas maupun gabungan dari satgas pangan tim covid-19 Kepulauan Yapen, hari ini kita lihat untuk beberapa komuniti penting masih cukup tersedia”. ujarnya.

Sebelumnya pada bulan lalu, hal yang sama juga telah dilakukan. Kadis. Perindagkop dan Ukm menjelaskan bahwa kunjungan ke distributor minimal akan dilaksanakan setiap bulan sekali, tetapi tidak menutup kemungkinan akan dilakukan mendadak tergantung perkembangan harga di pasaran. Pengecekan distributor ini berlangsung pada 8 distributor besar dan pasar Aroro Iroro Serui, yang disaksikan langsung oleh Pimpinan Sementara DPRD Kepulauan Yapen bersama sejumlah anggota Dewan, serta satgas pangan covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen.

(Foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *