Jaga Kepulauan Yapen, Tim Klaster Medis periksa 25 ODL di Wooi.

Reporter : Vijay Polanunu

Serui – Guna menjaga kondisi Kepulauan Yapen agar tetap menjadi zona yang aman dari virus corona ( Covid 19 ), Kepala dinas Kesehatan bersama Tim Klaster Medis dan  dr. Andi Raya Sarjatno, M. Kes (Kabid. P2P Dinas Kesehatan Kab.Kep yapen ) yang juga merupakab juru bicara Satuan Gugus Percepatan Penanganan covid-19 Kep. Yapen, melakukan pemeriksaan rapid test atau tes cepat covid-19 kepada 25 orang, di Pasar Wooi, Distrik Wonawa, yang di kabarkan baru datang dari Manokwari, Provinsi Papua Barat 2 hari yang lalu.
02/05/2020.

Mengigat Manokwari  adalah salah satu daerah yang masuk kategori Zona Merah Pasien Positif Virus Corona, hal ini yang membuat Kepala Dinas Kesehatan Bersama Tim Klaster Medis Kepulauan Yapen, harus segera mengambil langkah cepat untuk melakukan tes cepat mengunakan rapid test kepada 25 orang masyarakat tersebut, dalam kegiatan tersebut hadir juga kepala Distrik Wonawa, Kepala kampung, Babinsa, Kepala Puskesmas dan Stafnya. Tak hanya melakukan Uji tes cepat menggunakan rapid test saja, tapi juga edukasi mengenai bahaya virus corona dan cara-cara pencegahan dan penularan virus corona.

Menurut Karolus Tanawani, selaku kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Yapen, terdapat 66 orang yang terdata sebagai ODL ( Orang dari luar ) dari 10 kampung di Distrik Wonawa, namun menurutnya mereka lebih berfokus kepada 25 Orang yang baru saja datang dari Manokwari dan setelah melakukan skrining oleh petugas, Karolus bersyukur karena hasil dari 25 orang yang telah dilakukan tes cepat ini adalah Non Reaktif atau Negatif.

” Jumlah ODL ( Orang Dari Luar ) sebanyak 66 orang dari 10 kampung dari Distrik Wonawa, tetapi kami lebih Fokus kepada 25 ODL yang datang dari Kabupaten Manokwari dan setelah tadi kami laksanakan skrining dan rapid test Puji Tuhan semua hansilnya Non Reaktif “

Karolus Tanawani juga berharap agar masyarakat bisa bersama – sama menjaga orang yang datang dari luar, untuk masuk ke wilayah Kepulauan Yapen. Dimana orang dari luar, berpotensi untuk membawa virus ke dalam distrik Wonawa, dan juga masyarakat bisa jujur dan terbuka kepada kepala Distrik,  Babinsa dan para petugas medis di puskesmas Wooi ketika ada hal- hal yang berkaitan dengan Virus Covid 19, sehingga segera langkah – langkah prefentif bisa di lakukan. Dalam rangka menangkal masuknya virus covid-19 di Distrik Wonawa dan khususnya Kepulauan Yapen.

Karolus Tanawani, menghimbau agar kiranya protokol kesehatan bisa di lakukan yaitu dengan menggunakan masker, mencuci tangan sebelum atau sesudah beraktifitas, jaga jarak dan pola hidup yang sehat itu perlu di lakukan.

Ruben Kafiar, selaku kepala distrik Wonawa dan sekaligus Ketua Satgas Kampung, menjelaskan bahwa semenjak kedatangan 25 orang masyarakatnya, pada 2 hari lalu mereka langsung di arahkan untuk tetap di rumah karena baru datang dari luar daerah, Ruben Kafiar berharap dalam pencegahan penyebaran virus corona saat ini, adanya kerja sama antara satgas kabupaten dan satgas distrik serta satgas kampung dalam hal upaya pencegahan masyarakat yang ingin pulang kampung ke Kepulauan Yapen.

(Foto dan video : Vijay Polanunu)

Leave a Reply