Pemerintah siapkan Skema untuk bantu UMKM.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Menghadapi dampak ekonomi yang dipicu oleh COVID-19, pemerintah meyakini bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai penyangga ekonomi di saat krisis.

Untuk itu, Pemerintah berkomitmen untuk membantu dan melindungi keberlanjutan UMKM untuk terus berproduksi.

Perlindungan tersebut berbentuk dua skema, yaitu melalui mekanisme ekonomi dan bantuan sosial.

Mekanisme ekonomi ditujukan bagi pelaku usaha yang masih bisa bertahan, sedangkan mekanisme bantuan sosial atau bansos untuk mereka yang terimbas, terutama di sektor mikro dan ultra mikro, seperti mereka yang tidak bisa lagi berjualan.

ketika dikonfirmasi kepada Kadisperindagkop Kepulauan Yapen, Ir. Daniel Tandilangi, MM menjelaskan bahwa sejauh ini pihak nya telah mendata UMKM berdasarkan instruksi Bupati Kepulauan Yapen, selain itu ada permintaan data dari provinsi papua maupun dari pusat. menurut nya data ini untuk melihat dampak langsung dari virus corona terhadap UMKM, dampak yang dirasakan bervariasi bahkan ada
juga yang terpaksa melakukan PHK.

Dijelaskan nya bahwa sesuai dengan arahan presiden bahwa yang terdampak itu jangan sampai ada yang terlewatkan menurutnya yang paling banyak berperan untuk hal tersebut adalah bansos dari Dinas Sosial dan pemerintah Kampung sedangkan untuk dinas perindagkop itu tidak ada dana untuk penanganan itu , ungkap nya.

“tapi saya kira dananya tersedia di pemda, inilah yang mungkin Kita lihat nanti. Sambil kita juga menunggu Apakah ada dana dari provinsi atau dari pusat kalau untuk seperti mama mama penjual Pinang, ini kita sudah data juga kami sudah serahkan ke asisten 3 melalui Asisten 2 Dalam hal ini asisten yang menangani perekonomian”

Selain itu Kadis Perindagkop juga mengatakan bahwa disperindagkop Kepulauan Yapen terus berupaya salah satunya yaitu adalah melakukan penjualan gula di bawah standar harga rata-rata pasar ke beberapa distrik, terkait program pusat kartu pra kerja di harapkan akan tersentuh untuk menjadikan pengusaha kecil menengah di Kepulauan Yapen.

(Foto : C.R.I & Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *