Nekat masuk ke Kepulauan Yapen, 8 orang penumpang speedboat dari Biak diamankan

Reporter : Vijay polanunu

Serui – Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Yapen pada senin, 06/03/2020 menindaklanjuti laporan masyarakat terkait 8 orang penumpang, yang nekat masuk ke Kepulauan Yapen dengan menyewa speedboat dari Biak.

8 orang tersebut terdiri dari 7 orang penumpang wanita dan 1 orang penumpang Pria. Setelah di lakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan di kampung Kontinai 8 orang penumpang tersebut di bawa menuju Posko Induk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Yapen untuk di periksa dan di data lebih lanjut lagi.

Di ketahui sebelumnya mereka berangkat pada tanggal 02/04/2020, dengan cara yang sama dari Kepulauan Yapen menuju Biak Numfor menggunakan speedbot milik masyarakat yang di sewakan dengan tujuan berlibur di kota Biak. Tapi sesampainya di Biak, mereka di amankan dan di lakukan isolasi mandiri di rumah oleh Pemerintah Biak Numfor. Setelah 2 hari di isolasi di Biak akhirnya pada tanggal 04/04/2020, 8 orang ini kembali menggunakan speedboat dari Biak Numfor ke Kepulauan Yapen, setelah tiba di Distrik Yawakukat langsung dicegat oleh tim satgas – satgas Kampung yang sedang bertugas berjaga di jalan, guna membantu pemerintah dalam menangani masuknya orang – orang dari wilayah luar Kepulauan Yapen.

Guyus Marra, selaku sekertaris Distrik Yawakukat menyampaikan telah bekerja sama dengan Polsek, Puskesmas dan 7 kampung lainnya di Angkaisera, untuk membentuk Satuan Gugus Percepatan Penanganan covid-19 Kep. Yapen, yang bertujuan menjaga keluar dan masuk masyarakat melalui jalan utama Serui dan Saubeba, Guyus Marra juga menyampaikan bahwa, Satgas yang di bentuk dari setiap kampung berjaga bergantian selama 24 Jam. Ia berharap agar masyarakat yang ada di Kepulauan Yapen dan secara khusus masyarakat di distrik Yawakukat, dapat memperhatikan semua himbauan yang sudah di sampaikan oleh pemerintah Kepulauan Yapen, agar dapat mencegah dan terhindar dari virus corona atau covid-19.

“Mari semua masyarakat Kepulauan Yapen dan khususnya masyarakat di Distrik Yawakukat, mari kita memperhatikan semua himbauan yang sudah di sampaikan oleh pemerintah Kep. Yapen agar kita semua dapat mencegah dan terhindar dari virus covid-19 “

(foto dan video : Vijay Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *