Mulai hari ini, beberapa titik strategis di Serui dipasang fasilitas pencuci tangan

Reporter : C.R.I

Serui – Hari ini sabtu, 21/03/2020 atas instruksi Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos guna gerak cepat mencegah penyebaran virus covid-19 di Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM selaku ketua Satgas Penanggulangan Penyebaran virus corona (covid-19) didampingi Ass III setda Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, S.IP dan Kabg. Umum setda Kepulauan Yapen, Hagel Yawandare bersama Direktur PDAM Serui, Ahmad Setyawan melakukan survei lokasi, sekaligus memulai pemasangan fasilitas pencuci tangan dibeberapa titik strategis seperti di Pelabuhan, Pasar Aroro Iroro dan Puskesmas serta Pustu di Serui. Hal ini dilakukan guna memudahkan warga Serui untuk dapat mencuci tangan saat berada di titik-titik strategis tersebut, dimana menurut himbauan dari Presiden bahwa salah satu cara pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) ini adalah dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas.

Direktur PDAM Serui, Ahmad Setyawan ketika dijumpai saat sedang memantau pemasangan fasilitas tersebut, kepada humas menyampaikan bahwa sejak siang tadi telah dimulai pemasangan fasilitas pencuci tangan ini, dimana 6 titik kran air di pelabuhan telah rampung dipasang dan siap digunakan, hingga saat ini pukul 15.00 Wit dilanjutkan dengan pemasangan 4 titik kran air didepan pertokoan pasar Aroro Iroro Serui. Ahmad Setyawan juga menjelaskan bahwa pada hari ini yang di pasang adalah kran air saja yang tidak membutuhkan suplai air dengan menggunakan profil tank, sedangkan untuk pemasangan kran air yang membutuhkan profil tank sementara ditunda hingga profil tank tersebut tersedia.

Sementara itu Ir. Alexander Nussy, MM selaku selaku ketua Satgas Penanggulangan Penyebaran Virus covid-19 di Kepulauan Yapen dan Assisten III Setda Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, S.IP disela pematauannya sempat menyediakan waktu juga untuk memberikan himbauan secara langsung kepada masyarakat disekitar pasar Aroro Iroro terkait pencegahan penyebaran virus covid-19 (corona) tersebut, diantaranya yaitu tentang memanfaatkan fasilitas pencuci tangan yang akan dibangun ini, sebelum dan sesudah melakukan aktifitas di pasar dan juga tidak melakukan kontak langsung seperti jabat tangan dengan siapapun yang mereka temui, dimana hal tersebut merupakan pintu masuk penyebaran virus covid-19 (corona) tersebut.

Sementara itu pada Pustu dan Puskesmas yang akan di pasang fasilitas pencuci tangan tersebut, terpantau untuk Puskesmas Serui Kota (Yapen Selatan) dan Pustu Anotaurei sudah ada sumber airnya namun belum terpasang kran air, sedangkan untuk Puskesmas Warari, Pemda melalui Asisten III Setda Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, S.IP mengapresiasi atas kesiapan Puskesmas tersebut, dimana dari jauh hari sebelum tersebarnya virus covid-19 (corona) ini, Puskesmas Warari telah menyediakan fasilitas pencuci tangan, Erny juga mengatakan bahwa hal ini akan disampaikan kepada Bupati.

(Foto : C.R.I)

Leave a Reply