Frans Sanadi “Kita bersyukur hingga saat ini, Kepulauan Yapen masih negatif Corona.”

Reporter : Andrew Woria

Serui – Jumat, 20/03/2020 Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA., bersama Ketua Pengadilan Negeri Serui, Yance Patiran, SH., MH. di dampingi Kepala Kejaksaan Negeri Serui, Marcelo Bella, SH., MH. melakukan kunjungan kerja ke distrik Yapen Barat dan distrik Wonawa.

Kunjungan kerja ini dalam rangka penyuluhan hokum, dengan tema mewujudkan masyarakat yang sadar hukum dan taat hukum.

Kegiatan penyuluhan bertujuan guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penegakan hukum, serta memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi masyarakat secara khusus bagi aparat kampung, kepala kampung dan Bamuskam, dalam merancang dan menetapkan peraturan kampung di distrik Yapen Barat. Kegiatan ini di ikuti oleh para peserta dari aparat kampung dan kepala kampung di 16 kampung serta 1 kelurahan, Bamuskam dan masyarakat Yapen Barat, dengan narasumber yaitu Ketua Pengadilan Negeri Serui, Kepala Kejaksaan Negeri serui, Kabag. hukum dan Kasubag. Bantuan Hukum.

Wakil Bupati, Frans Sanadi ketika menyampaikan sambutan pemerintah Kepulauan Yapen menjelaskan bahwa penyuluhan ini diharapkan mampu membangun kesadaran hukum masyarakat, di Kabupaten  Kepulauan Yapen secara khusus para aparat kampung, Bamuskam, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan lainnya.

Menurutnya terjadinya pelanggaran hokum, serta pelanggaran terhadap harkat dan martabat manusia adalah bukti nyata mengindikasikan ketidaktahuan komponen masyarakat, terhadap perlakuan hukum di negara ini, termasuk aparat pemerintah. Hal ini merupakan tanggung jawab dan kewajiban pemerintah daerah serta jajarannya, melalui instansi teknis terkait untuk membangun kembali kesadaran hukum. Wakil Bupati juga mengingatkan agar masyarakat harus terlebih dahulu sadar hukum dan taat hokum, sebelum membuat orang lain sadar akan hukum dan taat hukum.

Sebelum membuka penyuluhan ini, Frans kembali juga menghimbau dan mengingatkan kepada warga masyarakat di Distrik Yapen barat, untuk menanggapi informasi penyebaran virus covid-19 (corona) secara biasa dan tidak panik. Hal ini kembali ia tegaskan di tempat yang berbeda yaitu di pasar Ansus kepada masyarakat. Menurutnya walaupun di Kepulauan Yapen belum ada kasus yang temukan, namun warga perlu melakukan kewaspadaan dini. Usai memberikan sosialisasi di Distrik Yapen Barat, rombongan Wakil Bupati menuju ke distrik Wonawa, kampung Wooi guna meninjau Faskes di kampung tersebut.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply