Lomba Yosim tempo dulu, tradisi unik yang kembali diangkat untuk meriahkan HUT Kab. Kepulauan Yapen

Reporter : Andrew Woria
Serui – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kabupaten Kepulauan Yapen yang ke-51 tahun, dilaksanakan berbagai kegiatan lomba. Dan salah satu kegiatan lomba yang dilaksanakan yaitu lomba Yosim tempo dulu yang berlangsung di alun-alun kota Serui, pada hari jumat sore, 12 /03/ 2020.
Tujuan dilombakannya Yosim tempo dulu ini, yaitu untuk mengangkat kembali tradisi Yosim tempo dulu.

Lomba ini di ikuti oleh 13 grup, akan tetapi yang hadir pada hari pelaksanaannya adalah 3 grup, sementara bertindak sebagai juri yaitu Lis Ramandey, Max Imbiri dan Yeremias Tanawani.

Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA sebelum membuka kegiatan ini, dalam arahannya mengatakan bahwa, Yosim tempo dulu ini sangat unik, karena sebagian besar peserta diatas 30 tahun dan kegiatan ini tidak pernah lagi di buat. Jika dibandingan dengan Yosim Pancar saat ini, Yosim tempo dulu ini sendiri, biasa dilakukan di bulan terang, didepan halaman rumah ataupun didalam rumah, sehingga panitia menggelar lomba ini kembali agar Yosim ini tidak hilang begitu saja, tetapi bisa di tonton oleh semua warga masyarakat kota Serui yang hadir sore kemarin, ungkap Frans. Ia juga berharap agar lomba ini dapat terus dilakukan kedepannya nanti.

“Memang Yosim tempo dulu ini, ada keunikannya jika dibandingkan dengan modern saat ini. Yosim tempo dulu ini biasa dilaksanakan di bulan terang, bisa dilaksanakan di halaman rumah yang luas, bisa juga dilaksanakan di dalam rumah dan modelnya tidak sama seperti yang masa kini. Oleh karena itu lah, tahun ini panitia mencoba untuk menggelar kembali Yosim masa lalu, sehingga tidak hilang atau puna tetapi bisa ditonton oleh semua yang hadir di sore hari ini. “

Kegiatan lomba Yosim tempo dulu ini, juga di hadiri langsung oleh sejumlah tamu diantaranya, anggota DPRD Kepulauan Yapen, Ketua Dewan Adat Kepulauan Yapen, perwakilan pimpinan OPD.

Keluar sebagai juara, terbaik ke – 1 adalah kelompok Yosim dari Serui Laut, sementera terbaik ke – 2 di tempati kelompok Yosim gabungan guru-guru dan pada posisi terbaik ke – 3 di tempati kelompok Yosim Jembatan Putus Cinta (cina tua).
(foto dan video : Vijay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *