Ini pesan pemerintah Kepulauan Yapen bagi guru kontrak yang direkrut.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Kamis, 30/01/2020 pemerintah daerah Kepulauan Yapen melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bekerja sama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepulauan Yapen, melaksanakan ujian seleksi tenaga kontrak guru untuk tahun anggaran 2020.  Seleksi hari ini diikuti oleh 560 peserta, untuk menempati posisi rekrutmen sebanyak 224 tenaga kontrak guru di Kepulauan Yapen.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, S.IP kepada humas mengatakan bahwa sejak tadi dirinya telah melihat dan meninjau langsung pelaksanaan ujian seleksi bagi tenaga kontrak guru yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Serui. Dari pantauannya, dirinya menemukan adanya sebagian calon guru kontrak yang hingga saat ini belum bisa mengaplikasikan komputer. Hal ini menjadi catatan bagi pemda Kepulauan Yapen ke depan, kepada mahasiswa calon guru untuk lebih meningkatkan kompetensi ke depan, khususnya dalam bidang IT dimana pada jaman saat ini menuntut kita untuk dapat lebih menguasai IT ungkapnya.

Pemerintah daerah juga berpesan kepada calon tenaga kontrak guru yang mengikuti tes, agar apabila dinyatakan lulus dan ditempatkan di tempat tugasnya masing-masing, diharapkan agar dapat bekerja dengan hati, professional, serta penuh integritas dan betah di tempat tugas.

Erny juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu dalam kunjungan kerja bersama Bupati Kepulauan Yapen ke sejumlah Kampung, dirinya mendengarkan secara langsung banyak keluhan dari warga masyarakat di sana terkait tenaga guru, salah satunya yaitu meminta agar guru-guru yang ditempatkan kalau bisa adalah orang pendatang jangan orang asli Papua. Hal ini menjadi pertanyaan dan merupakan sebuah masalah, karena fakta yang terjadi banyak guru asli papua yang juga tidak melaksanakan tugas dengan baik dan betah di tempat tugasnya, sehingga pada pelaksanaan rekrutmen tenaga kontrak guru kali ini, pemerintah berpesan kepada calon guru kontrak yang mengikuti tes dan jika dinyatakan lulus dan ditempatkan di tempat tugas masing-masing, agar dapat bekerja dengan betah dan melayani dengan hati.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *