Ini alasan kenapa RSUD Serui di tuding kekurangan stok obat

(Reporter : Andrew Woria)

Serui – RSUD Serui saat ini melayani 3 kabupaten di kawasan teluk Cendrawasih. Hal tersebut disampaikan oleh direktur Rumah Sakit Umum Daerah Serui, dr. Jhonny B. Abaa, M.Kes, di ruang kerjanya pada hari selasa, 28/01/2020.

dr. Ben mengatakan bahwa RSUD Serui sendiri, selama ini pada pengadaan obat hanya bersumber dari dana alokasi umum (DAU) Kabupaten Kepulauan Yapen dan dari dana JKN, sementara pihak rumah sakit juga melayani pasien dari Kabupaten Waropen dan kabupaten Mamberamo Raya. Sehingga hal ini perlu dipahami oleh warga masyarakat di Kepulauan Yapen.

“Kita melayani pasien dari Kabupaten Waropen dan Kabupaten Mamberamo Raya yang tidak ada kontribusi dalam mengakomodir obat untuk masyarakat mereka, ini perlu dipahami oleh masyarakat.”

Manajemen RSUD Serui juga meminta agar kerjasama yang baik antara pemerintah daerah kabupaten Waropen dan kabupaten Mamberamo Raya, terkait surat dan data yang telah disampaikan kepada pemerintah daerah masing-masing agar segera dijawab ke pemerintah daerah Kepulauan Yapen,  melalui bantuan subsidi kepada RSUD Serui, sehingga dapat lebih maksimal dalam melayani masyarakat dari 3 kabupaten tersebut. Selaku direktur dirinya juga sadar dan tidak mungkin bahwa masih terdapat banyak kekurangan, dirinya juga tetap akan maju untuk berbuat yang terbaik bagi warga masyarakat di 3 kabupaten ini.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply