Resmi dilantik, ini dia 25 nama Anggota DPRD Kepulauan Yapen periode 2019 – 2024

Reporter : Andrew Woria

Serui Pengambilan Sumpah Janji 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kepulauan Yapen periode 2019 – 2024, berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Kepulauan Yapen, pada hari selasa, 14/01/2020. yang dihadiri langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Ketua dan 22 Anggota DPRD Kepulauan Yapen Periode 2015 – 2019, jajaran Muspida serta Pimpinan OPD Kepulauan Yapen, serta turut hadir juga Bupati Waropen, Yeremias Bisay.

Seperti diketahui bersama bahwa anggota DPRD periode 2015 – 2019 telah mengakhiri masa jabatannya pada 29/12/2019, dimana Gubernur Papua telah menerbitkan SK, akan tetapi terjadi penundaan pelantikan karena rujukan surat KPU tentang sengketa, sehingga setelah berkordinasi  diperoleh dasar pelantikan yang berdasarkan surat permohonan Bupati Kepulauan Yapen, yang juga telah mengutus Wakil Bupati Kepulauan Yapen untuk melakukan konsultasi ke Kemendagri, dari konsultasi tersebut kemendagri menyampaikan bahwa pelantikan anggota DPRD harus segera dilaksanakan, tanpa harus menunggu keputusan PTUN karena bisa memakan waktu. Rapat paripurna pun berlangsung setelah sempat mendapat interupsi dari beberapa anggota dewan.

Dalam pembacaan SK Gubernur secara tegas memberhentikan serta meresmikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kepulauan Yapen, yang dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan oleh ketua pengadilan negeri Kepulauan Yapen.

Usai melakukan pelantikan dilanjutkan, dengan penanda tanganan berita acara serta penentuan pimpinan sementara dimana sesuai aturan yang berlaku maka, Yohanes Raubaba ditunjuk sebagai ketua sementara dan wakil ketua sementara ditempati oleh Norman Banua.

Berikut adalah 25 Orang Anggota DPRD Kepulauan Yapen yang telah dilantik untuk periode 2019 – 2024.

  1. Pontius Taribaba (PKB Dapil 1)
  2. Roy Palunga (Gerindra Dapil1)
  3. FrenyMarahole (PDIP Dapil 1)
  4. Edward Banua (Golkar Dapil 1)
  5. Ade Yullen Banua ( Nasdem Dapil 1)
  6. Eko Susilo (Perindo Dapil 1)
  7. Roy Nasrullah (Hanura Dapil 1)
  8. Joko Purnomo ( Demokrat Dapil 1)
  9. Clara Katoende ( Demokrat Dapil 1)
  10. Franklyn Numberi (Golkar Dapil 2)
  11. Sulistiawati Rumbekwan (Nasdem Dapil 2)
  12. Basri Bennu (PPP Dapil 2)
  13. Simson Aurai ( PSI dapil 2)
  14. Fridolin Warkawani ( Hanura Dapil 2)
  15. Melianus Wayanykau (Demokrat Dapil 2)
  16. Jasten (Golkar Dapil 3)
  17. Yunus Waimuri (Berkarya Dapil 3)
  18. Trison Ayomi (PerindoDapil 3)
  19. Agus Yowei (PPP Dapil 3)
  20. Fernandes Yawandare ( Demokrat Dapil 3)
  21. Yulens Ayomi (NasdemDapil 4)
  22. Fiktor Mambrasar ( PPP Dapil 4)
  23. Yusuf Worabay (Hanura Dapil 4)
  24. Yohanes Raubaba ( Demokrat Dapil 4 )
  25. Flora Berotabui (Demokrat Dapil 4 )

Pada sambutan perdana yang dibacakan oleh ketua Dprd sementara Kepulauan Yapen, Yohanes Raubaba mengatakan bahwa momen ini merupakan dinamika politik, merupakan awal hasil tugas bagi DPRD hasil pemilu 2017, ketika diwawancarai dirinya menjelaskan bahwa tugas utama pimpinan sementara adalah, yang pertama menyelesaikan alat kelengkapan DPRD diantaranya  pembentukan komisi komisi dan alat kelengkapan lainnya, kedua menyelesaikan tata tertib DPRD sebagai sebagai pedoman dalam rangka perjalanan 5 tahun ke depan, ketiga pembentukan fraksi-fraksi di DPRD Kepulauan Yapen. Hal tersebut merupakan tiga poin yang merupakan tugas utama pimpinan sementara beserta anggota DPRD yang baru saja dilantik.

Sementara itu Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar S.Sos yang ditemui menjelaskan bahwa pelantikan hari ini harus dihormati dan disikapi dengan adil juga bijaksana, sebagai pencapaian demokrasi dari suara masyarakat Kepulauan Yapen di pemilu legislatif 2019 – 2024, mereka adalah figur terpilih atas kehendak rakyat dan pilihan rakyat, mereka diyakini memiliki kerinduan dan keyakinan yang lebih besar untuk membangun Kepulauan Yapen, anggota DPRD harus proaktif menyuarakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan, masyarakat juga terus menanti janji politik saudara. Bupati juga mengajak kepada para anggota DPRD Kepulauan Yapen yang baru diresmikan ini, untuk tetap membangun kebersamaan dan kekompakan dalam mengarahkan program kebijakan pembangunan di tahun tahun ke depan.

Menurutnya walaupun penuh dinamika, namun semuanya dapat menerima pelantikan ini dengan baik. Dengan adanya sejumlah keberatan oleh calon di PTUN Jayapura, Bupati menjelaskan bahwa memberikan apresiasi dan jalur hukum adalah jalan yang terbaik.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply