PENYUSUNAN RPIK KABUPATEN KEPULAUN YAPEN TAHUN 2020 – 2040

Serui – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Yapen, menggelar FGD (focus group disscusion) tentang penyusunan rencana pembangunan industri.

FGD kali ini merupakan kelanjutan dari FGD sebelumnya, dimana Rencana Pembangunan Industri merupakan dokumen visioner dalam membangun industri, sehingga dapat memformulasikan langkah strategis yang akan di tempuh.

Dalam laporan kepala dinas perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Ir. Daniel Tandilangi, MM menjelaskan bahwa FGD Penyusunan Rencana Pembangun Industri ini dilaksanakan juga untuk menciptakan sinergitas dan harmonisasi program pembangunan.

Para peserta sendiri berasal dari OPD di lingkup pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, dengan tupoksi yang berkaitan langsung dengan sektor industri. Perwakilan Swasta dari PT. Sinar Wijaya Playwood dawai serta pelaku industri dengan total sebanyak 40 orang, sementara itu 2 orang narasumber disiapkan dari tenaga ahli konsultan dan perencanaan cv. Delta Dimensi Consultan, Makassar.

Kegiatan FGD RPIK ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Erny Renny Tania, S.Ip mewakili Bupati Kepulauan Yapen, dimana dalam sambutannya menjelaskan bahwa FGD ini adalah sebagai media penyempurnaan serta finalisasi dokumen RPL Kabupaten Kepulauan Yapen, yang pada tahapan selanjutnya akan dikonversikan menjadi peraturan daerah, sehingga  diharapkan melalui forum yang kedua ini dapat mempercepat tersusunnya dokumen yang visioner dan mampu menggambarkan arah kebijakan pembangunan dan pengembangan industri di Kabupaten Kepulauan Yapen dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, serta memformulasikan langkah-langkah strategis dan operasional yang akan ditempuh.

 “untuk mewujudkannya bapak, ibu, saudara yang saya hormati selaku kepala daerah saya mengapresiasi kajian-kajian akademis yang telah dilakukan oleh masing-masing pihak yang terkait dengan kebutuhan penyusunan RPK Kabupaten Kepulauan Yapen tahun 2020-2040, saya berkeyakinan sumbangsi pemikiran yang bapak, ibu, saudara berikan dalam forum ini adalah yang terbaik dan ditujukan untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen “.

Forum group discussion ini secara berturut-turut dua kali yang mana perlu digaris bawahi sebagai bentuk dukungan untuk lebih mempercepat terwujudnya capaian yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahtera lagi.

(jur : A.W/ foto : M.W)

Leave a Reply